Goodyear Akusisi Cooper Tire, Ciptakan Sinergi Raksasa

Goodyear Akusisi Cooper Tire, Ciptakan Sinergi Raksasa

Dua pabrikan ban terkemuka asal Amerika Serikat, Goodyear Tire & Rubber Company dan Cooper Tire & Rubber Company sepakat untuk melakukan sinergi. Di mana Goodyear melakukan akusisi terhadap Cooper dengan nilai total sekitar USD 2,5 miliar (08/03)

Dalam keterangan resminya Goodyear menyebutkan bahwa transaksi ini disebut akan memperluas posisi tawar produk Goodyear di pasar dengan menggabungkan dua portofolio merekk komplementer.

Akusisi ini disebutkan akan menciptakan pabrikan di Amerika yang lebih kuat dengan peningkatan saluran distribusi dan ritel, sekaligus menggabungkan kekuatan kedua perusahaan dalam segmen produk truk ringan dan SUV yang sangat menguntungkan.

Penggabungan dua perusahaan tersebut akan bernilai sekitar USD 17,5 miliar dalam penjualan pro forma 2019.

Dalam penutupan transaksi pada tanggal 19 Februari 2021 silam, pemegang saham Goodyear akan memiliki sekitar 84% dari gabungan perusahaan, dan pemegang saham Cooper akan memiliki sekitar 16%.

Cooper didirikan pada tahun 1914 dan menjadi produsen ban terbesar ke-5 di Amerika Utara berdasarkan pendapatan, dengan sekitar 10.000 karyawan yang bekerja di 15 negara di seluruh dunia. Produk Cooper diproduksi di 10 fasilitas di seluruh dunia, termasuk pabrik yang dimiliki sepenuhnya dan usaha patungan. Portofolio merek perusahaan meliputi Cooper, Mastercraft, Roadmaster dan Mickey Thompson.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com