Penyebab Ban Mobil Tidak Habis Secara Merata

Seiring berjalannya umur, terkadang ban mobil tidak abis secara merata.
Penulis: Aditya Widiutomo
Minggu, 27 Oktober 2024 06:00 WIB
Tips - Penyebab Ban Mobil Tidak Habis Secara Merata
Bagikan ke:

OTODRIVER –  Seiring berjalannya umur, terkadang ban mobil tidak abis secara merata. Kerap kali bagian tertentu alami keausan di banding bagian lainnya.

Ternyata ada beberapa penyebab ban tidak habis secara merata. Biasanya hal ini disebabkan oleh tekanan angin yang tidak merata, masalah spooring, dan juga kerusakan pada kaki-kaki.

Hidayat selaku kepala bengkel kaki-kaki Lili menjelaskan bahwa hal ini sangat umum ditemukan di mobil. Berikut adalah beberapa faktor terjadinya ban yang tidak habis secara merata.

1.Tekanan angin ban tidak rata dan berlebih

Menurut Hidayat, tekanan angin ban di keempat roda yang tidak merata sering terjadi.  Apalagi jika tekanan angin ban sifatnya berlebih.

"Tekanan angin ban berlebih, bikin ban hanya menapak di bagian tengah saja,"  jelasnya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Jadi, sebaiknya keempat roda mendapatkan tekanan angin ban yang merata sesuai anjuran pabrik.

2. Wheel Alignment 

Wheel Alignment atau biasa disebut spooring baiknya dilakukan dengan periodik 6 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah sudut roda yang berbeda saat berjalan.

"Bisa jadi dari sudut toe-nya terlalu masuk atau terlalu keluar, sehingga tapak ban jadi lebih cepat habis," tambahnya.

3. Kerusakan kaki-kaki

Rusaknya bagian kaki-kaki juga menjadi penyebab ausnya ban tidak merata. Apalagi kerusakan tersebut bersumber dari bagian komponen suspensi.

“Adanya satu bagian suspensi atau shock absorber yang rusak tentu berdampak langsung pada habisnya ban tidak merata. Karena komponen ini yang berfungsi meredam daya kejut dari mobil,” tutupnya. (AW).

#tips #ban

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.