Cikal Bakal Mobil Sport Maserati Rayakan Hari Ulang Tahun Ke-50, Intip Kilas Baliknya

Cikal Bakal Mobil Sport Maserati Rayakan Hari Ulang Tahun Ke-50, Intip Kilas Baliknya

Maserati yang merupakan salah satu pabrikan mobil mewah asal Italia, memperingati hari jadi model Bora yang kini sudah berusia 50 tahun di dunia otomotif. Mobil tersebut sekaligus menandai mobil pertama Maserati yang berpenggerak roda belakang dengan posisi mesin di tengah.

Perjalanan Bora selama 50 tahun, juga ditandai dengan berbagai aktivitas dan senantiasa menghadirkan tampilan dari sisi keunikan yang menjadi ciri khas kendaraan itu, eksklusif, dan juga tentunya kesan yang sporty.

Maserati Bora telah mewariskan struktur mesin yang sama kepada penerusnya, Tipo 63, yang diperkenalkan pada 1961, diikuti dengan MC12 dan saat ini diteruskan oleh MC20.

Seperti dilansir dalam laman resmi Maserati, Bora pertama kali diperkenalkan pada ajang Geneva International Motor Show 1971, dan kendaraan ini diproduksi sampai dengan 1978, hingga saat itu Bora memiliki populasi hanya 564 mobil.

Untuk mengikuti tren yang sedang berkembang pada saat itu, Maserati meminta Giorgetto Giugiaro dari Italdesign untuk menghadirkan mobil sport bermesin tengah dengan peningkatan kinerja, desain, kenyamanan, dan keselamatan.

Mesin V8 4.700 cc miliknya juga telah diuji cukup berat, dan tercatat mampu menghasilkan 310 ps pada 6.000 rpm.                

Fitur yang khas dari mobil ini adalah lampu depan yang dapat ditarik untuk mencegah tarikan aerodinamis, memproyeksikan perbedaan pada poros belakang, suspensi independen di semua roda (untuk pertama kalinya di Maserati), rem cakram, kopling cakram tunggal, gearbox 5-percepatan, dan teleskopik, serta peredam suspensi.

Bora menggabungkan kenyamanan dan kinerja serta memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 280 km/jam, memastikan kenikmatan berkendara yang luar biasa berkat respons mesin yang luar biasa lincah dan interior yang senyap.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com