Brio Robohkan Avanza. Ini 5 Besar Mobil Penumpang Terlaris 2020

Brio Robohkan Avanza. Ini 5 Besar Mobil Penumpang Terlaris 2020

Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan model kendaraan yang paling diidolakan di Indonesia. Tak heran jika pecahannya yakni Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) menjadi penguasa yang cukup tangguh untuk digoyahkan.

Toyota Avanza merupakan nama yang tak asing untuk disebut sebagai penguasa segmen ini. Bahkan sejak dikenalkan pada 2006 silam, mobil ini langsung melejit sebagai dominator di segmennya, sekaligus muncul sebagai mobil terlaris di Indonesia pada tahun berikutnya.

Supremasi sebagai penguasa mobil terlaris, memang sempat terusik dengan kehadiran Mitsubishi Xpander, namun Avanza dengan sigap kembali mengukuhkan diri sebagai mobil passenger terlaris.

Hanya saja untuk tahun 2020 ini, ceritanya tidak lagi sama. Sang penguasa pasar pun akhirnya harus mengakui bahwa rekornya harus roboh oleh sebuah hatchback kecil yakni Honda Brio.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan whole sales, Brio sebesar 40.879 unit, sedangkan Avanza 35.754 unit.

Avanza menduduki urutan kedua setelah Brio jika dilihat dari kategori mobil penumpang. Namun jika dilihat dari semua kategori, maka ia harus puas di urutan ketiga di bahwa Suzuki Carry.

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, keberhasilan Brio karena sesuai dengan kebutuhan pasar. “Salah satunya didorong oleh kebutuhan orang yang beralih dari kendaraan umum ke kendaraan pribadi yang dianggap lebih aman dan nyaman. Selain itu keberhasilan Brio tak lepas dari harga yang terjangkau, ringan biaya perawatan dan juga irit bahan bakar,” terangnya saat dihubungi OtoDriver (18/01).

Walau demikian, secara keseluruhan pencapaian (Whole sales Januari-Desember) di tahun 2020  hanya 532.027, jauh di bawah tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar 1.030.126 unit.

 

Berikut 5 besar penjualan mobil penumpang sepanjang 2020

1. Honda Brio - 40.879 unit

2. Toyota Avanza - 35.754 unit

3. Toyota Rush - 29.361 unit

4. Toyota Innova - 27.594 unit

5. Mitsubishi Xpander - 26.362 unit

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com