Andalkan Corolla Sport Bermesin Hidrogen, Bos Toyota Kembali Ikut Balap

Andalkan Corolla Sport Bermesin Hidrogen, Bos Toyota Kembali Ikut Balap

Sebagai bos besar, Presiden Direktur Toyota Motor Corp. yakni Akio Toyoda dikenal sebagai penggila balap. Bukan sekadar menyaksikan produk-produknya adu kebut, tapi juga turun langsung sebagai pembalap.

Buktinya jika di tahun 2019 silam Toyoda menjajal GR Supra di balap ketahanan Nurburgring, maka tahun ini dirinya kembali turun balap. Tepatnya di ajang ketahanan Super Taikyu Series 2021 Powered by Hankook Round 3 NAPAC Fuji Super TEC 24 Hours Race pada 21-23 Mei 2021.

Andalannya bukan lagi GR Supra, melainkan Toyota Corolla Sport hatchback yang dinaungi tim ORC ROOKIE Racing. Menarik mengupas mobil yang dikenalkan pada bulan April lalu ini.

Karena alih-alih memakai sistem FCEV (fuel cell electric vehicle) seperti Toyota Mirai, sistem yang dianut Corolla Sport berbeda. Tak ada bantuan generator, baterai dan motor listrik seperti Mirai.

Karena Corolla Sport justru masih memakai mesin ruang bakar konvensional. Volumenya 1.618 cc dengan konfigurasi 3-silinder inline dan turbo. Terdengar familiar? Ya, karena mesin ini juga dipakai oleh GR Yaris.

Perbedaannya, untuk menggerakan piston tidak dibutuhkan bahan bakar jenis bensin atau diesel seperti mobil saat ini. Karena seperti disebut sebelumnya, mobil ini memakai bahan bakar tipe hidrogen bertekanan tinggi.

Pasokan hidrogen pada mobil balap ini menurut pihak Toyota diambil dari Fukushima Hydrogen Energy Research Field di Kota Namie, Prefektur Fukushima.

"Alasan untuk berkompetisi dalam perlombaan ketahanan 24 jam adalah hanya bertahan tiga atau lima jam saja tidak cukup. Anda harus melakukan persiapan untuk bertahan selama 24 jam. Banyak orang di Jepang mengasosiasikan hidrogen dengan ledakan. Jadi, saya ingin menunjukkan bahwa mengemudi (mobil hidrogen) di balapan sendiri aman," urai Toyoda dari laman Toyotatimes (17/5).

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com