Vinfast Nekad Jualan Mobil Rp 2,9 Miliar?

Vinfast Nekad Jualan Mobil Rp 2,9 Miliar?

Umumnya, merek mobil yang masih berusia seumur jagung menjual model-model entry level dengan harga murah. Namun hal tersebut tampaknya tak senada dengan produsen mobil asal Vietnam, Vinfast.

Vinfast malah meluncurkan SUV Mewah bernama President yang dibanderol dengan harga Rp 2,9 miliaran. Tak hanya itu, SUV ini hanya dibuat terbatas, yakni 500 unit saja.

Tapi analis melihat peluncuran mobil VinFast President ini dinilai tidak cocok untuk konsumen domestik. Harga dan produknya disebut hanya untuk memoles merek VinFast.

Seperti diketahui VinFast merupakan mobil nasional Vietnam yang diprakarsai oleh bisnis swasta terbesar di Vietnam, Vingroup. Kini, merek otomotif Vietnam itu telah memiliki mobil jenis city car, sedan dan SUV. VinFast berambisi untuk mengekspor mobil ke Amerika Serikat, Eropa, dan Rusia.

"Mereka ingin menunjukkan ke orang-orang di dunia kalau Vietnam bisa bikin mobil mewah," ujar Vu Tan Cong, wakil direktur jenderal Konsultasi Industri dan Perdagangan Vietnam Automobile seperti dikuti dari Nikkei.com (12/9)

Tetapi, Deputi General Director of VinFast Nguyen Thi Van Anh mengatakan ini merupakan cara Vinfast unjuk gigi di kancah dunia otomotif.

"SUV ini merupakan penegasan kami terhadap dunia tentang kapasitas produksi mobil Vietnam," ujar Nguyen dalam keterangan resminya.

Sebagian besar mobil penumpang di Vietnam dirakit di dalam negeri dari suku cadang impor. VinFast adalah perusahaan pertama yang memproduksi mobil seluruhnya di negara ini.

VinFast membangun mobil mereknya sendiri, bermitra dengan merek otomotif terkemuka yang ikutan bergabung untuk menggarap mobil nasional pertama Vietnam ini, mulai dari Opel, BMW, Magna Steyr, hingga rumah desain Pininfarina turut berpartisipasi.

Berbicara spesifikasi Vinfast President, mobil ini mengusung mesin V8 6,200 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 455 daya kuda dan torsi 624 Nm

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com