Uji Tabrak Mahindra Thar Raih 4 Bintang. Lebih Tinggi Dari Peraihan Jeep Wrangler?

Uji Tabrak Mahindra Thar Raih 4 Bintang. Lebih Tinggi Dari Peraihan Jeep Wrangler?

All New Mahindra Thar berhasil mempesona pasar India dengan sukses secara komersial dengan tingginya angka pemesanan 4x4 ini di India. Bahkan publik negeri martabak ini harus rela menunggu inden pemesanan hingga 2-4 bulan ke depan.

Nampaknya cahaya keberuntungan masih menerangi sang Thar. Setelah menjalani serangkaian crash test yang dilakukan Global New Car Assessment Programme (NCAP) SUV ini mampu meraih empat bintang untuk uji tabrak bagi penumpang dewasa ataupun anak-anak.

Thar mencetak angka 12,52 poin dari skala 17 untuk keselamatan penumpang dewasa dan secara mengejutkan mengantongi 41,11 poin dari 49 point untuk perlindungan pada anak. Angka tersebut dibenturkan pada kecepatan 64km/jam.

Dalam situs resminya, Global NCAP mengatakan bahwa perangkat keselamatan standar yang ditanamkan pada kendaraan bekerja dengan sangat baik. SUV ini merupakan kantung udara ganda, ABS, sabuk pengaman pre-tensioner dan ISOFIX pada bangku belakang.

Biasanya Global NCAP menggunakan varian paling rendah dari mobil yang diujinya. Namun pada kasus ini model paling atas LX yang dijadikan media tes. Saat inin Thar punya varian dasar AX Standar dan AX. Di mana saat dilakukan pengetesan kedua varian ini belum dihadirkan.

Namun, perlu dicatat bahwa pada dua varian di bawah tersebut tidak disertalan ISOFIX, sabuk pengaman 3 titik untuk penumpang belakang dan bahkan roll cage.

Berbincang mengenai Thar, maka ingatan pendek kita akan mengacu pada sosok Jeep Wrangler. Dan varian terbaru dari Wrangler yakni JL Wrangler pun sudah mengalami uji tabrak di Euro NCAP pada 2019 silam.

Sosok yang mewarisi darah biru 4x4 paling ikonik yakni Willys ini ternyata hanya mampu meraih satu bintang saja. Dan dipastikan bahwa varian Wrangler yang diuji memiliki perangkat keamanan lengkap.

Apakah dapat disimpulkan bahwa Thar lebih aman dari Wrangler? Kita belum bisa menjawab hal tersebut secara pasti karena kedua kendaraan tersebut belum pernah diuji secara bersamaan. Wrangler belum pernah diuji oleh Global NCAP dan Thar belum pernah dites oleh  Euro NCAP.

Namun jika melihat metode uji yang digunakan. Besar kemungkinan Thar berada di atas angin.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com