Sejarah Terukir di Yogyakarta, Underpass Terpanjang Resmi Dibuka

Sejarah Terukir di Yogyakarta, Underpass Terpanjang Resmi Dibuka

Jalan lintas bawah alias underpass Yogyakarta International Airport resmi beroperasi Jumat (31/1). Underpass terpanjang di Indonesia ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Sejarah barupun telah terukir.

Dikutip dari akun Instagram @kemenpupr, underpass Yogyakarta International Airport (YIA) ini memiliki panjang total 1.436 m dan memiliki fungsi utama sebagai akses jalan nasional pantai selatan. Total panjang tersebut menjadikan underpass ini sebagai yang terpanjang di Indonesia. Sebelumnya, bandara YIA sendiri telah memotong jalan pantai selatan yang lama.

 

Namun ada yang menarik mengenai underpass ini. Pasalnya kecepatan maksimal kendaraan yang diperbolehkan adalah 60 km/jam saja.

Tak hanya itu, bagi siapapun yang melintas akan bisa mendengar suara imbauan untuk menyalakan lampu. Uniknya pengisi suara itu tidak lain adalah Menteri PUPR Basuki Hadimujono yang mengingatkan kecepatan maksimal kendaraan serta wajib menyalakan lampu.

Posisi underpass berada di bawah penghubung terminal 2 dan terminal 3 bandara YIA. Tersedia delapan pintu emergency exit. Di setiap jarak 250 meter dengan empat pintu di masing-masing jalur dengan dua arah ini. Pintu ini terhubung dengan kawasan Bandara YIA.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com