Wajib Tahu, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Kuning dan Kusam

Banyak penyebab, termasuk pemilihan model lampu untuk mobil Anda.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 18 Maret 2023 06:00 WIB
Tips - Wajib Tahu, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Kuning dan Kusam
Bagikan ke:

Penerangan lampu menjadi bagian penting setiap kendaraan, namun seiring berjalanya waktu mika lampu berubah warna menjadi kusam atau kuning.

Tentunya ketika mika lampu kusam penerangan lampu menjadi kurang maksimal, dan membuat pengemudi harus lebih ekstra ketika berkendara di malam hari.

Ternyata selain usia, ada beberapa penyebab mika lampu menjadi kusam atau kuning. Hal tersebut dikatakan oleh Kelvin Ong, selaku Manager Rotary Auto, Sawangan, Depok.

Foto - Wajib Tahu, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Kuning dan Kusam

"Mika lampu berubah warna menjadi kuning itu bisa karena paparan sinar matahari langsung, dan cuaca," katanya, kepada OtoDriver.com baru-baru ini di Depok.

Tak hanya itu saja, pemilihan bohlam sembarangan juga bisa menjadi salah satu penyebab. Ia mengatakan, ketika watt lampu tidak sesuai standar pabrik bisa menimbulkan panas yang di atas rata-rata.

"Kalau cara pasang lampu sembarangan itu juga bisa membuat paparan sinar matahari menjadi lebih panas, dan usahakan standar pabrik. Kalau tidak itu bisa merembet ke masalah lain, seperti reflektor juga cepat rusak," tambahnya.

Foto - Wajib Tahu, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Cepat Kuning dan Kusam

Pria yang akrab disapa Kevin menyarankan untuk memilih lampu projector lamp atau kerap disebut lampu projie untuk memaksimalkan cahaya agar mika tidak cepat kusam.

"Kalau projie itu kan lebih hemat wattnya, jangan membeli yang harganya murah tapi bisa membuat masalah baru," tungkasnya.

Jadi, beberapa masalah di atas bisa menyebabkan mika lampu menjadi kusam.

#mika-lampu #mika-kusam #lampu-mobil #penyebab-mika-kusam #tips-mobil

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.