Fitur Ini Bisa Menyelamatkan Pengemudi dari Micro Sleep

Fitur Ini Bisa Menyelamatkan Pengemudi dari Micro Sleep

Presentase kecelakaan terbanyak di jalan raya tercatat, rata-rata dikarenakan mobil yang dikendarai justru keluar jalur.

Hal tersebut pemicunya adalah pengemudi terlalu lelah serta mata mulai mengantuk. Karena alasan tersebut, beberapa produsen mobil mulai menghadirkan fitur keselamatan berkendara khususnya pada kondisi micro sleep.

Fitur ini berfungsi memberikan peringatan kepada pengemudi, terutama saat kendaraan yang dikemudikan keluar dari jalur. Salah satunya adalah fitur Active Lane Departure Warning System (ALDWS) yang dimiliki Peugeot 3008 & 5008 varian Allure Plus.

Hadirnya fitur smart ALDWS jadi unggulan mobil pabrikan asal Prancis, khususnya pada varian Allure Plus. Astra Peugeot  mengklaim jika fiturnya jauh lebih pintar dara pengoperasian. Fungsinya juga dapat mencegah terjadi kecelakaan bilamana pengemudi terlihat mengantuk.

 

Dengan adanya Active Lane Departure, fitur ini secara aktif mengoreksi arah setir ketika mobil mulai keluar dari jalur dengan bantuan dari electric power steering (driver mengantuk). Kondisi tersebut biasanya dibarengi dengan bunyi alarm dan semakin keras jika kondisi tersebut terjadi berulang-ulang. Sehingga pengemudi disarakan untuk istarhat.

Cara kerja fitur Active Lane Departure sendiri didukung sensor kamera yang tampak dibagian tengah atas kaca jendela depan. Sensor kamera akan mendeteksi garis marka jalan selama mobil tetap melaju di suatu lajur, lalu diteruskan indikatornya ke panel instrumen. Makanya ketika pengemudi terdeteksi micro sleep dan keluar dari garis marka jalan, indikator peringatan pada panel instrumen akan muncul.

“Karena sifatnya yang aktif, kalau indikator tersebut diabaikan, dalam beberapa saat kemudian ECU secara elektrikal akan melakukan intervensi ke setir mobil. Setir mobil akan berputar dengan sendirinya untuk mengembalikan laju mobil sesuai dengan lajurnya,” jelas Samsudin selaku Technical National PT Astra International Tbk - Peugeot .

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com