Catatan Gemilang Ekspor Mobil Indonesia di Tengah Pandemi

Catatan Gemilang Ekspor Mobil Indonesia di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Corona saat ini, penjualan mobil domestik pun terpuruk.  Namun untuk ekspor, pabrikan Indonesia justru punya rekor baru untuk pengiriman ke Vietnam.

Seperti dilansir VNexpress, untuk pertama kalinya ekspor mobil ke Vietnam, Indonesia berhasil menyalip Thailand. Data dari Vietnam Customs menunjukkan sepanjang lima bulan pertama di tahun 2020, Indonesia telah mengekspor sebanyak 15.074 unit mobil.

Indonesia bisa menyalip dengan menguasai 53 persen dari total 28.532 impor mobil dengan spesifikasi mobil 9 kapasitas bangku atau di bawahnya. Dengan torehan itu, mobil buatan Indonesia mampu melengserkan Thailand di posisi kedua, yang mengambil 37 persen pasar Vietnam, setelah berada di posisi puncak sejak tahun 2016. Catatan Vietnam, Indonesia dan Thailand mendominasi impor mobil sebanyak 90 persen di negara tersebut.

Mobil yang diimpor dari Indonesia di antaranya mobil low MPV Mitsubishi Xpander, yang masuk 10 mobil terlaris bulan lalu. Model lain yang mendongkrak angka ekspor Indonesia ke Vietnam antara lain hatchback Toyota Wigo yang merupakan kembaran Agya dan yang juga banyak diminati ialah Honda Brio.

Meski demikian, Vietnam menyebut bahwa catatan impor juga kian menyusut dari tahun ke tahun, pada Januari-Mei turun 40 persen dibandingkan tahun lalu. Selain itu, virus Corona juga berdampak pada permintaan yang menukik, pun membuat operasional pabrik Indonesia dan Vietnam terhambat.

Dalam periode ini, permintaan suku cadang mobil juga mengalami penurunan mencapai 19,6 persen menjadi US$1,3 miliar.

Berdasarkan data Gaikindo, ekspor mobil secara utuh atau CBU periode Januari-Maret 2020 naik hingga 9,4% dibanding periode yang sama tahun 2019. Pada Januari-Maret 2020 industri otomotif dalam negeri mampu mengekspor mobil sebanyak 77.315 unit. Angka itu naik dari 70.647 unit pada kuartal pertama 2019.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com