BMW 02 Reminiscence Concept, Sebuah Penghormatan Untuk EV Pertama Dari Bavaria

BMW 02 Reminiscence Concept, Sebuah Penghormatan Untuk EV Pertama Dari Bavaria

Pada tahun 2013 silam, BMW i3 muncul sebagai produk masal EV pertama dari pabrikan berlogo baling-baling itu. Namun jika melihat ke belakang, produk EV pertama pabrikan Bavaria itu justru hadir pada 1972 yang muncul dalam sosok coupe 1602.

Dari penampilan, nyaris tak ada beda dengan versi mesin bakarnya. Satu-satunya identitas hanya dapat dilihat dari tulisan besar pada pintu bertulisan BMW Elektro-Antrieb Munchen 1972.

Mobil ini hanya dibuat dua unit saja khusus untuk digunakan pada Olimpiade Munchen 1972 untuk mendukung berbagai acara olahraga jarak jauh seperti marathon.  BMW 1602 Elektro-Antrieb menggunakan motor listrik  dengan tenaga 43 PS melengserkan posisi mesin bakarnya dan menyalurkan dayanya ke gardan belakang. Berdasarkan catatan yang ada mobil ini mampu mengukir angka 0-48 km/jam dalam 8 detik, sementara kecepatan tertingginya di angka 100 km/jam.

Sayangnya nasib 1602 bertenaga listrik ini tidak pernah berlanjut ke produksi masal, namun meninggalkan kenangan yang tak mudah dilupakan, setidaknya bagi desainer David Obendorfer yang sohor dengan desain bergaya retro.

Obendorfer pun menyuguhkan karyanya BMW 02 Reminiscence Concept yang langsung mengingatkan pada sosok 1602 saat itu. Dan pastinya konsep mengusung ide sebagai kendaraan EV.

Seperti dilansir carscoops.com, sang perancang mengatakan bahwa EV 1602 menjadi inspirasinya dan ia ingin memberikan karyanya sebagai suatu penghargaan dari karya visioner BMW dari era 70-an tersebut.

Tak hanya eksterior, namun konsep desain retro pun menjalar ke bagian interior. Walau tak bisa dibandingkan antara interior orisinal bawaan 1602, namun ada satu kesamaan yakni tampilan sederhana dan tak rumit khas kendaraan era 70’s.

Karya Obendorfer ini merupakan karya independen dan tidak terkait dengan pabrikan BMW.

markondez

Simak Video : OD Flash: BMW Seri-3 Rakitan Lokal Tembus RP 840 Jutaan

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com