Bedah Fitur Safety Terbaru Alphard Facelift

Bedah Fitur Safety Terbaru Alphard Facelift

Toyota Alphard mendapat penyegaran di awal tahun 2020 ini. Salah satu hal signifikan yang ditambahkan PT Toyota Astra Motor (TAM) lewat fitur keselamatan untuk MPV premium ini. Paket fitur keselamatan yang diberikan pun terangkum dalam Toyota Safety Sense.

Toyota Safety Sense ini mencakup empat fitur keselamatan aktif yakni Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Automatic High Beam (AHB). Apa dan bagiamana fitur-fitur tersebut bekerja? Berikut penjelasan singkat untuk tiap fitur-fitur tersebut.

(Baca: Alphard dan Vellfire Dapat Penyegaran Minor)

 

Pre-Collision System (PCS)
Mengoptimalkan pemanfaatan sistem radar yang terintegrasi yang ditanamkan di bagian depan mobil, PCS bekerja dengan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan. Fitur PCS ini dapat secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Lane Departure Alert (LDA)
Selain 'membaca' situasi objek yang ada di depan mobill, sistem berbasis sensor dan radar Toyota Safety Senses juga bekerja memastikan mobil tetap pada jalur. Fitur LDA membantu pengemudi menghindari kecelakaan karena secara otomatis fitur ini akan memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.

Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)
Teknologi Cruise Control yang sudah mulai banyak ditemukan pada beragam mobil yang dijual di Indonesia disempurnakan lewat DRCC. Penggunaan fitur ini akan membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Automatic High Beam (AHB)
Fitur terakhir, AHB sangat membantu pengemudi dalam perjalanan di malam hari. Fitur ini akan mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh dan akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

(Baca juga: Sebuah SUV Toyota Baru Bakal Meluncur di Eropa)

Selain paket fitur keselamatan aktif ini Toyota Alphard --dan Vellfire-- baru juga mendapat tambahan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan jumlah Intelligent Clearance Sonar (ICS) menjadi delapan buah. Penambahan fitur-fitur ini membuat MPV kelas atas andalan pabrik tiga oval mendapat penyesuaian harga sebagai berikut:
New Toyota Alphard 2.5 X A/T : Rp 1.025.200.000
New Toyota Alphard 2.5 G A/T : Rp 1.179.600.000
New Toyota Alphard 3.5 Q A/T : Rp 1.936.100.000
New Toyota Vellvire 2.5 G A/T: Rp. 1.776.000.000

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com