3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Parkir Mobil

3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Parkir Mobil

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu dampak dari PSBB adalah minimalisir aktivitas luar ruangan, termasuk di antaranya menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian.

Nah, dalam kondisi mobil yang lebih banyak menganggur dan terparkir di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kondisi kendaraan roda empat kesayangan. Berikut beberapa tips dari Auto2000 untuk menjaga kondisi kendaraan selama #DiRumahAja.

 

1. Posisi parkir
Parkir kendaraan paling baik adalah di dalam garasi yang beratap. Alasannya mobil terhindar dari paparan panas matahari juga hujan. Paparan matahari langsung dalam waktuyang lama dapat membuat cat mobil memudar sementara air hujan bisa meneybabkan jamur pada kaca dan juga bodi kendaran.

Selain itu hindari juga penggunaan rem parkir saat mobil menganggur dalam waktu lama. Ada kasus saat kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama.

Alternatifnya bisa digunakan blok kayu untuk mengganjal ban atau menggunakan wheel chock yang juga efektif dipakai kalau lokasi parkir mobil miring.

2. Pastikan kebersihan luar dalam kabin
Meski operasionalnya mungkin berkurang, ada baiknya kebersihan mobil tetap dijaga dari air hujan maupun debu. Upayakan untuk mencuci minimal seminggu sekali.

Tidak hanya luar, bagian dalam kabin juga sebaiknya dibersihkan. Manfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu, terutama bagian kolong kabin. Keluarkan karpet dan cuci hingga bersih.

Sembari mencuci mobil, lakukan inspeksi ke dalam kabin. Keluarkan makanan dan minuman yang tertinggal karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengundang binatang liar datang. Keluarkan pula barang pribadi seperti kartu E-Toll, kacamata, pemantik api, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

Untuk perawatan, melapisi bagian bodi dengan wax untuk menjaga kondisi cat dan melindungi dari risiko kerusakan akibat terpaan sinar matahari, air hujan, dan baret juga bisa dilakukan.

Dengan menjaga kebersihan luar-dalam mobil binatang-binatang seperti tikus, kecoa, dan semut juga cenderung tidak ditemukan. Hal ini penting karena selain menjaga kesterilan kendaraan, binatang pengerat seperti tikus sanggup menggigit kabel dan merusak sistem kelistrikan, sementara kecoa dan semut mengakibatkan kabin kotor dan rusak karena mampu menyelinap masuk ke dalam dan berkembang biak di sana.

Upaya pencegahan tambahan yang bisa dilakuakan adalah dengan meletakkan bahan pengusir binatang di sekitar posisi mobil diparkir.

3. Periksa kondisi kendaraan secara berkala
Meski tidak digunakan bukan berati mobil akan tetap baik-baik saja. Tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan berkurang lebih cepat ketimbang ban yang dipakai setiap hari. Sebaiknya pemeriksaaan tekanan ban perlu rajin-rajin dilakukan.

Takaran ideal takanan ban, umumnya bisa diperiksa di stiker yang tertempel di bagian dalam pintu pengemudi. Supaya tidak repot, manfaatkan pengisi angin ban portabel yang banyak dijual secara online.

Selain ban, upayakan juga bahan bakar di tangki bensin dalam kondisi penuh saat diparkir dalam jangka waktu lama. Kalau tangki bensin dibiarkan kosong akan mengakibatkan terjadinya oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

Tidak disarankan juga untuk melepas kabel ke terminal aki. Meski mobil tidak dipakai, pasokan listrik tetap dibutuhkan untuk mengaktifkan alarm misalnya. Selain itu, mesin mobil tetap harus dipanaskan setidaknya seminggu sekali selama sekitar 15 menit untuk mengisi arus aki supaya tidak tekor dan memberikan kesempatan pada oli mesin untuk bersirkulasi.

 

Silakan bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan menghindarinya dari kerusakan akibat ban hanya bertumpu di satu titik dalam jangka waktu lama. Atau setidaknya maju-mundurkan mobil di garasi untuk memindahkan titik tumpu ban.

Terakhir, pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran. Periksa pula apakah ada lelehan oli mesin atau tabung penyimpan cairan mobil yang berkurang drastis sebagai tanda awal kerusakan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com