Sudah Lakukan 6 Hal ini Demi Mobil Tetap Prima Walau di Rumah?

Sudah Lakukan 6 Hal ini Demi Mobil Tetap Prima Walau di Rumah?

Terhitung sudah lebih dari 3 pekan pelaksanaan kerja dari rumah atau yang belakangan beken dengan istilah work from home (WFH) dilakukan. Mobil pribadi yang tadinya jadi Andalan beraktifitas praktis langsung menurun tugasnya.

Dengan lebih seringnya mobil andalan diam di garasi, ternyata bukannya otomatis lepas perawatan. Seperti yang diungkap oleh Budi Kurniawan After Sales Manager BMW Astra, ia menyebut mobil yang terparkir lama tetap memerlukan perawatan. 

Foto: Adit

 

"Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar mobil yang terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan nanti," kata Budi. Dalam keterangan tertulis, ia mengurai setidaknya ada 6 hal yang harus Anda ketahui saat mobil lama berada di rumah.

1. Melepas rem tangan
Melepas tuas rem tangan bertujuan untuk memastikan brake shoe, brake pad dan brake disc tidak lengket dan macet. Jika demikian maka pastikan ban mendapat ganjalan supaya mobil tidak bergerak.

2. Memposisikan transmisi di posisi “P” 
Bagi mobil dengan transmisi otomatik, hal ini untuk mencegah mobil bergerak saat berhenti tanpa menggunakan rem.

Foto: Adit

 

3. Tambah tekanan angin ban sampai 3,5 bar
Penambahan angin berguna untuk menghindari kerusakan ban pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.

4. Panaskan mesin dan AC secukupnya
Panaskan mesin di ruang terbuka dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas agar putaran mesin minimal 2000 Rpm. Sambil memanaskan mesin buka jendela dan nyalakan AC agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsinya selalu prima.

5. Parkir mobil di tempat beratap
Simpan kendaraan di tempat beratap untuk memastikan terlindung dari cuaca ektrim, gangguan dan kotoran hama liar yang merusak ekterior. Selain itu juga berguna untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.

6. Gunakan alat pelindung tambahan pada permukaan mobil
Cuci permukaan kendaraan termasuk pembersihan interior, perawatan cat dan krom. Pasang penutup mobil jika hendak lebih awet dan maksimal dalam menyayangi mobil Anda.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com