Rahasia Dibalik Harga 'Murah' Toyota C-HR Hybrid

Rahasia Dibalik Harga 'Murah' Toyota C-HR Hybrid

Toyota Indonesia punya jagoan baru di sektor kendaraan hybrid. Mobil itu adalah Toyota C-HR Hybrid yang baru saja resmi masuk pasar otomotif lokal pada April 2019 lalu. Secara khusus di ajang GIIAS 2019, Toyota C-HR Hybrid mengukuhkan diri sebagai mobil ramah lingkungan terlaris dari pabrikan asal Jepang yang satu ini.

"Sejauh ini sudah 40-an unit (SPK di GIIAS 2019)," jawab Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto menjawab pertanyaan awak media, Sabtu lalu (27/7).

Dalam kesempatan bincang-bincang santai di sela-sela keramaian GIIAS 2019, Soerjo, sapaan akrabnya, juga memaparkan kalau sejak diluncurkan untuk pasar Indonesia, Toyota C-HR Hybrid sudah mengungguli mobil-mobil berbasis listrik dari PT TAM lainnya.

"Selama tiga bulan itu C-HR Hybrid data penjualannya bisa mengalahkan Camry Hybrid. Jadi April, Mei, juni itu sekitar 180-an unit. Itu ngalahin Camry Hybrid," papar Soerjo. "Padahal dari jualan 2.000-an unit hybrid sejak 2009, kan selama ini Camry Hybrid yang kontribusinya 90 persenan," tambah dia lagi.

 

Masih menurut Soerjo, hal ini tidak bisa dilepaskan dari harga Toyota C-HR Hybrid yang jauh lebih bersahabat dibanding produk mobil ramah lingkungan mereka lainnya. Toyota C-HR Hybrid sendiri dibanderol mulai dari Rp 523,35 juta, 'hanya' lebih mahal Rp 30 juta dibanding model non-hybrid-nya. Kalau mau dibandingkan dengan Camry Hybrid ataupun Alphard Hybrid yang harganya sudah di atas Rp 700 juta, perbedaan harganya dengan model konvensionalnya mencapai Rp 200 juta atau bahkan lebih.

Dia mengakui kalau pada Toyota C-HR Hybrid memang ada perlakuan kusus yang diberikan oleh PT TAM.

"Kita mau C-HR Hybrid ini menjadi --kalau saya bilang-- tonggak, batu loncatan lah untuk produk hybrid khususnya Toyota di Indonesia. Jadi harus kita akui C-HR Hybrid itu kasih intensif, kasih harga spesial, selain karena memang komponennya hanya sedikit yang berbeda," terangnya.

Lebih lanjut dia juga memaparkan kalau Toyota C-HR masuk ke segemen pasar yang tepat, yakni kaum anak muda yang senang dengan desain SUV medium dengan teknologi ramah lingkungan ini.

Dengan konsep hibrida, Toyota C-HR Hybrid memadukan mesin pembakaran internal konvensional dengan motor listrik yang ditenagai baterai. Untuk mesin konvensionalnya, crossover ramah lingkungan ini menggunakan dapur pacu berkode 2ZR-FXE dengan tenaga mencapai 100 ps, Kombinasi motor listrik yang bertenaga 36 ps maka total daya C-HR hybrid mencapai 136 ps.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com