Membandingkan Sigra dan Ertiga yang Jadi Taksi

Membandingkan Sigra dan Ertiga yang Jadi Taksi

Seperti halnya di Indonesia, taksi berkapasitas tujuh penumpang juga sudah banyak kita temui di negara lain. Mematok tarif yang sama dengan taksi dengan model sedan, namun dapat mengangkut barang serta penumpang lebih banyak, tentu menjadi kelebihan utama taksi berjenis MPV ini.

Setelah model Honda Mobilio dan Toyota Transmover atau Avanza yang hadir sebagai armada taksi di tanah air, belakangan ini sudah ditemukan Daihatsu Sigra berpelat kuning.

 

Tapi ternyata fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Karena nyatanya hal serupa terjadi di Negeri Taj Mahal, di mana kehadiran mobil taksi MPV menjadi perbincangan di sana. Pelakunya adalah Maruti Suzuki yang ternyata membuat sebuah Tour M diesel (Maruti Ertiga taxi diesel) untuk transportasi umum.

Di India, Ertiga taksi ini bahkan dijajakan dengan tiga varian, yaitu diesel, cng dan bensin. Untuk varian diesel yang secara diam-diam sudah dijual sejak Juli, ditawarkan dengan mesin DDIS 225 1.500 cc yang menghasilkan 95 ps dan torsi puncak 225 Nm.

Sementara Sigra yang menjadi taksi di Indonesia ditawarkan dengan mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-I bertenaga 88 ps pada rpm 6.000 dengan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm. Yang artinya memiliki performa mesin di bawah taksi Ertiga di India.

Keunggulan lain taksi yang dibuat Maruti Suzuki ini adalah fitur keselamatannya, jika Sigra di Indonesia hanya dilengkapi Dual Airbags dan sensor mundur, maka Ertiga taksi memiliki fitur yang lebih lengkap seperti ABS, EBD, Brake Assist, engine immobilizer, pengingat kecepatan dan sensor parkir.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com