Mau Ubah Calya-Sigra Lawas Jadi "Facelift"? Ini Kata Daihatsu

Mau Ubah Calya-Sigra Lawas Jadi "Facelift"? Ini Kata Daihatsu

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang bareng mendapati facelift telah resmi diluncurkan kemarin (16/9). LCGC 7 seater ini mengusung perubahan di beberapa bagian. Kendati demikian, pembaruan ini terbilang minor. Salah satu penyegaran dalam facelift keduanya adalah penggunaan desain bumper  baru dan headlamp yang lebih segar.

Lantas, orang-orang yang sudah punya Calya-Sigra lawas bisakah mengubah tampilannya seperti model facelift yang baru meluncur ini?

 

Sebetulnya bisa saja. Namun dari hasil wawancara kami dengan pihak Daihatsu Indonesia, sepertinya langkah tersebut akan cukup rumit dan akan memakan biaya dan waktu yang tak sedikit. 

"Meski dari luar kelihatannya sama, tetapi banyak perubahaan di daerah bumper, terutama bagian dalamnya," jelas Research and Development Executive Officer Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo ketika diwawancarai di Tangerang, Banten kemarin (16/9).

Dengan kata lain, perubahan yang ada pada versi penyegaran ini terbilang rumit jika diaplikasi pada Calya-Sigra versi terdahulu.

"Dengan kata lain, bracket di bagian dalam bumper ada perubahan dan itu pemasangannya dilas. Jika dipaksa perubahananya, sudah tidak standar lagi sebagai buatan pabrik. Jadi kami tidak rekomendasi mengubah versi lama jadi baru," tambah Pradipto.

Walau kami belum mendapati komentar dari PT Toyota Astra Motor perihal ini, namun diduga kuat Calya juga menganut sistem bracket lampu depan yang sama dengan saudaranya, Sigra. Sebagai informasi, baik Calya maupun Sigra dibuat di pabrik yang sama yakni di PT Astra Daihatsu Motor.

Meski dalam versi facelift ini penambahan fiturnya terbilang minim, namun baik Sigra maupun Calya mengalami kenaikan harga. Selisihnya mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta dibandingkan model terdahulunya.

Simak Video : VIDEO: Supra VS Z4, Siapa yang Termahal?

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com