Inilah Fitur Keselamatan Super Canggih Milik Mazda 3

Inilah Fitur Keselamatan Super Canggih Milik Mazda 3

Beruntung OtoDriver diberi kesempatan menguji lebih dalam All New Mazda 3 yang belum memiliki banderol harga hingga saat ini. Yang sangat menarik dari hatchback dan sedan seri terbaru ini tentunya segudang fitur yang dihadirkan.

Namun, fokus bahasan kami kali ini adalah mengenai fitur keselamatan yang dimilikinya. Sebagai generasi terbaru yang juga mengusung bahasa kodo desain, All New Mazda 3 bahkan memiliki fitur canggih seperti Mazda Radar Cruise Control (MRCC).

Fitur tersebut adalah sistem cruise control yang dapat menentukan jarak dengan kendaraan lain, mulai dari jarak 30 meter ke depan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol di lingkar kemudi sebelah kanan saat berada di jalan tol. Cara kerja dan kecanggihan fitur ini identik seperti yang dimiliki oleh Honda All New Accord. Honda menamai fitur tersebut sebagai Honda Sensing.

 

Fitur ini akan melakukan perlambatan dengan sendirinya dan menjaga jarak sesuai yang ditentukan untuk keamanan. Seluruh sensor akan membaca lingkungan sekitar kendaraan termasuk Lane Departure Warning (LDW) dan Lane keep Assist System (LAS) yang memberikan peringatan ketika mobil mendekati garis jalan seperti hendak berganti jalur.

Kemudian ada juga fitur Smart Brake Support yang mampu mendeteksi halangan yang mendekat dan akan memberikan peringatan sebelum mengaktifkan pengereman. Selain itu ada fitur Forward Obstruction Warning (FOW) yang memberikan peringatan berupa suara dan warna di Head up Display (HUD) pengemudi untuk melakukan pengereman.

 

Selanjutnya terdapat fitur High Beam Control System (HBC) dimana penggunaan lampu jauh akan lebih efektif. Saat berkendara di jalan gelap, lampu jauh akan otomatis menyala dan akan mati dengan sendirinya bila mendeteksi ada kendaraan lain mendekat dari arah berlawanan.

Beragam fitur keselamatan canggih yang dimiliki sekaligus memposisikan All New Mazda 3 sebagai hatchback dan sedan paling modern di kelasnya. Tak lupa penggunaan mesin SKYACTIV-G 2.000 cc yang mampu menghasikan tenaga 153 ps pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm semakin membuatnya menarik.

Baca juga: 

Kupas Tuntas Fitur Keselamatan Honda Sensing Pada All New Accord

Panduan Beli Nissan Livina Bekas (2006-2011)

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com