Hill Start Assist, Fitur Anyar yang Sebenarnya Kuno

Hill Start Assist, Fitur Anyar yang Sebenarnya Kuno

Salah satu ciri mobil modern adalah munculnya fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan yang kian lengkap. Satu fitur keselamatan belakangan mulai banyak dijejalkan pada mobil kelas menengah adalah Hill Start Assist (HSA). Dengan fitur ini mobil akan tertahan tidak mundur 2 hingga 3 detik sesaat berhenti di tanjakan.

Prinsip mekanisme fitur ini bekerja dengan terintegrasi dengan sistem pengereman. Di mana digunakan dua, sensor pertama membaca kondisi menanjak yang diidentifikasi dengan bagian depan mobil yang lebih tinggi dari bagian belakangnya.

 

Sensor inilah yang mengaktifkan rem sehingga laju mobil tertahan. Sementara sensor kedua berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda. Sensor ini memberikan info pada sistem pengereman untuk melepas rem secara otomatis.

Sebenarnya jika melihat ke dalam bingkai sejarah, fitur ini bukan tergolong sesuatu yang baru. Dari catatan kami,Wagner Electric tercatat sebagai penemu fitur ini. Namun produksi alat ini justru dilakukan oleh Bendix Brake Company asal Indiana, Amerika Serikat. Penggunaan pertama kali pada mobil terdapat pada Studebaker pada 1936.

HSA sendiri memiliki beberapa nama diantaranya hill holder, no roll, no back ataupun Hill Start Assist Control (HSAC).

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com