7 Fakta Menarik Seputar Suzuki Ertiga Generasi Terbaru

Ada beberapa fakta menarik tentang LMPV terbaru Suzuki yang perlu Anda ketahui.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 30 April 2018 10:00 WIB
Berita - 7 Fakta Menarik Seputar Suzuki Ertiga Generasi Terbaru
Bagikan ke:

Suzuki Ertiga generasi terbaru resmi hadir di Indonesia dan menjadi debut dunia. Seperti diketahui sebelumnya, LMPV generasi kedua ini membawa pembaharuan hampir di segala sisi, baik di eksterior, interior sampai sektor propulsi alias mesinnya.

Ada beberapa fakta menarik tentang LMPV terbaru Suzuki yang perlu Anda ketahui. Berikut fakta menarik yang telah kami himpun.

Foto - 7 Fakta Menarik Seputar Suzuki Ertiga Generasi Terbaru

1. Pakai Platform baru

Suzuki Ertiga versi terbaru mengusung rancang bangun alias platform baru yang bernama Heartect. Platfom terbaru ini diklaim lebih kaku dan rigid dibandingkan generasi terdahulunya. Hal ini bisa terjadi berkat penggunaan material sasis yang disebut lebih ringan plus sambungan pengelasan sasis yang lebih sedikit.

2. Bobot lebih ringan dibanding versi terdahulu

Tak hanya lebih kaku, rupanya sasis baru ini juga mampu memberikan bobot kendaraan lebih ringan hampir 100 kg. Dengan demikian otomatis mempengaruhi perhitungan power weight to ratio yang secara terori harusnya kini All New Ertiga punya power lebih besar.

3. Mesin tak sepenuhnya berbeda dengan versi lawas

Foto - 7 Fakta Menarik Seputar Suzuki Ertiga Generasi Terbaru

Suzuki Ertiga generasi terbaru dilengkapi dengan mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin ini memiliki konfigurasi yang serupa dengan Ertiga versi lawas, yakni mesin berkode K14B. Akan tetapi Suzuki mengklaim bahwa peranti interalnya berbeda. Seperti camshaft, crankshaft, connecting rod, dan piston.

4. Mampu catatkan konsumsi bahan bakar hingga 18,09 km/l

Pabrikan mobil berlogo ‘S’ ini mengklaim dengan perubahan pada sisi sasis, bobot kendaraan dan mesin, mobil ini mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar 16,73 km/l untuk transmisi otomatik dan 18,09 untuk transmisi manual. Konsumsi bahan bakar ini berdasarkan ujicoba BT2MP.

5. Ground Clearance menurun

Jika Ertiga versi lawas memiliki ground clearance 185 mm, kini All New Ertiga hanya dianugerahi jarak terendah 180 mm, atau turun 5 mm. Kendati demikian, pihak Suzuki menyebut bahwa hal ini untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan di dalam kabinnya.

6. Tetap lebih jangkung dari Nissan Grand Livina

Meski jarak terendahnya menurun, namun Suzuki Ertiga ini mengungguli Nissan Grand Livina dari sisi ground clearance. LMPV lansiran Nissan tersebut hanya berbekal ground clearance 175 mm.

7. Lebih lapang dari Avanza dan Mobilio

Secara dimensi, Ertiga berbekal dimensi P x L x T 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm. Dari angka tersebut, terbukti Ertiga memiliki dimensi lebih lapang jika dipertemukan dengan Honda Mobilio dengan dimensi P x L x T 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm dan Toyota Avanza dengan dimensi P x L X T 4.190 mm x 1.660 mm x T 1.695. Kendati demikian, dimensi Ertiga belum bisa mengungguli Mitsubishi Xpander.

Foto - 7 Fakta Menarik Seputar Suzuki Ertiga Generasi Terbaru

#suzuki #ertiga

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.