Renault Kwid Pakai Pelek Kaleng Tiga Baut, Amankah?

Renault Kwid Pakai Pelek Kaleng Tiga Baut, Amankah?

Renault Kwid yang resmi hadir dengan konsep mobil murah bergaya crossover memang disajikan dengan spesifikasi ekonomis. Selain pakai headrest bermodel menyatu dengan jok, kombinasi power window dan engkol, keempat peleknya juga model kaleng.

Yang membuatnya tidak umum adalah baut peleknya yang hanya berjumlah tiga buah. Mobil buatan India yang meluncur pada Rabu (19/10) lalu ini disebut Renault Indonesia tak masalah menggunakan pelek dengan tiga baut. Menurut pihak Renault menggunakan tiga baut tak ada bedanya dalam hal keamanan dengan pakai empat baut.

Danu

Dari sisi teknis, pelek lingkar 13 inci ini dibalut ban ukuran 155/80 radial tubeless, tampak tebal dari samping tapi punya profil kurus jika dilihat dari belakang atau depan. Dengan tenaga maksimum 68 dk konfigurasi tiga baut di tiap roda diklaim masih aman mengikat pelek.

Tapi memang satu yang sulit dilakukan penggunanya adalah mengganti pelek dengan desain dan ukuran sesuai selera. Hampir tidak ada pelek aftermarket yang memakai konfigurasi tiga baut. Di pasaran, hanya Kwid yang memakai pelek tiga baut. Sebelumnya smart juga seperti ini, tapi sekarang smart sudah tak dijual kembali.

Sebenarnya peluncurannya 19 Oktober lalu yang mengambil lokasi di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Renault Indonesia juga memajang Kwid yang dilengkapi pelek racing alloy. Sayang model tersebut masih sebatas display saja.

Tapi kabarnya, jika peminat pelek racing yang terlihat punya ukuran 14 inci dan tentunya punya tiga baut tersebut cukup banyak, maka akan dijual di dealer Renault sebagai aksesoris resmi. 

Jadi secara umum, pemakaian pelek tiga baut akan mempersulit penggantian dengan aftermarket, namun secara keamanan dijamin tak masalah oleh Renault.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com