Renault dan Mitsubishi Segera Jadi Taksi Autonomous Pertama di Dunia

Renault dan Mitsubishi Segera Jadi Taksi Autonomous Pertama di Dunia

Renault dan Mitsubishi yang sudah punya produk mobil listrik akan dimanfaatkan Singapura untuk jadi armada taksi autonomous. Yup, transportasi umum nan canggih ini sudah resmi diumumkan akan segera beroperasi.

Adalah nuTonomy, sebuah perusahaan perangkat lunak asal yang disebut bersiap menghadirkan "taksi robot" ini. "Ini adalah momen dalam sejarah untuk mengubah bagaimana perkotaan dibangun," ujar Doug Parker, nuTonomy Executive yang dilansir Reuters (25/8).

Taksi tanpa supir pertama di dunia ini menggunakan basis Renault Zoe dan Mitsubishi i-MiEV electric sebagai armadanya. Dua tipe mobil ramah lingkungan ini telah dirancang mekanisme komputernya dan terintegerasi dalam sebuah aplikasi.

Belum ada tanggapan dari Renault dan Mitsubishi 

Disebutkan, calon penumpangnya wajib mengunduh terlebih dulu aplikasi nuTonomy untuk nantinya "memanggil" taksi canggih ini. Singapore’s Land Transport Authority (LTA) alias Dinas Perhubungan Singapura juga menyambut positif kehadiran nuTonomy. 

Bahkan kabarnya LTA tengah bekerja sama dengan Delphi Automotive untuk mendukung transportasi canggih ini. Karena walau tanpa supir, perusahaan operatornya tetap akan memantau semua armadanya 24 jam penuh dibalik monitor nirkabel. Jika terjadi sesuatu yang tak semestinya armada akan diambil alih kemudinya secara nirkabel.

Namun sejauh ini tampaknya belum ada dukungan dari kedua merek mobil yang dipakai. Baik Reanult maupun Mitsubishi masih enggan berkomentar terhadap penggunaan produknya dalam taksi robot ini.

Belum diketahui persis kapan taksi autonomous ini akan beroperasi. Tapi bila melihat mobil contohnya sudah jadi, besar kemungkinan paling lambat tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com