Perkiraan Harga Toyota Vios Facelift  Di Indonesia, Bisa Lebih Murah!

Perkiraan Harga Toyota Vios Facelift Di Indonesia, Bisa Lebih Murah!

Toyota Malaysia resmi merilis Vios facelift kemarin (4/10). Mobil ini mendapatkan sedikit perubahan spek dan juga harga. Walaupun sedikit, tapi perubahan utama adalah pada mesin yang kini tak lagi pakai unit berkode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc VVT-i, melainkan yang berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.500 cc Dual VVT-i. Mesin ini adalah mesin sama yang dipakai oleh Sienta.

Dihimpun dari berbagai sumber, Toyota Malaysia menjual Vios edisi barunya tersebut dalam enam varian, yaitu 1.5J manual, 1.5J CVT, 1.5E CVT, 1.5G CVT, 1.5GX CVT, dan 1.5 TRD Sportivo CVT. Paling murah harganya 76.500 ringgit (Rp 241 jutaan) pada tipe J, hingga 96.400 ringgit (Rp 303 jutaan) untuk TRD Sportivo.

Jika melihat harga tersebut dan dibandingkan dengan generasi yang masih menggunakan mesin 1NZ-FE, ternyata kini lebih murah. Seleisihnya mencapai 1.480 Ringgit (Rp 4,6 jutaan) sampai 3.680 ringgit (Rp 11,5 jutaan) lebih rendah. Tapi ternyata ia punya tenaga yang terpangkas sedikit.

Hal ini disebabkan penyesuaian pada mesin baru Vios. Mesin baru ini sebenarnya juga tidak terlalu istimewa karena tenaganya yang dihasilkan hanya 105 dk dan torsi 140 Nm. Sedangkan mesin lama masih mampu menghasilkan tenaga 107 dk dengan torsi 141 Nm. Tapi di lain sisi, penggunaan teknologi katup variabel ganda alias dual VVT-i diyakini bakal membuat mesin ini menghemat lebih signifikan dibanding penurunan tenaganya.

Selain dapur pacu, ada juga perubahan pada transmisi otomatis empat percepatannya. Penyalur daya pada varian otomatiknya kini pakai teknologi Continously Variable Transmission (CVT). Untuk tranmsisi manualnya tidak mengalami perubahan.

Saat ini Toyota di Indonesia menjual Vios dalam 6 varian dengan rentang harga Rp 282-319,7 juta. Karena struktur pajak sedan di Indonesia berbeda dengan Malaysia, maka harganya lebih mahal. Lantas berapa harganya nanti jika tipe facelift masuk?

Melihat beda di Malaysia, maka kami prediksi Vios di Indonesia bisa dijual Rp 270-310 jutaan. Itu dengan asumsi fitur yang dimasukkan ke sini sama. Tapi tidak menutup kemungkinan Toyota menjual dengan harga sama atau sedikit lebih mahal, namun dengan penambahan fitur baru.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com