Mazda Recall Ribuan Mobil Ber-Airbag Takata

Mazda Recall Ribuan Mobil Ber-Airbag Takata

Permasalahan airbag Takata yang sempat membuat gempar beberapa waktu lalu, kini terdengar kembali. Hal itu dari tersiarnya kabar bahwa Mazda akan menarik ribuan unit mobil buatannya yang menggunakan airbag tersebut di Amerika Serikat.

Tentu penarikan tersebut terkait dengan hasil pengetesan oleh Takata terhadap perangkat keselamatannya. Kabar yang saat ini beredar bahwa inflator airbag tersebut bisa terpecah menjadi serpihan dan menimbulkan risiko cedera pada si pengendara.

Mobil yang ditarik adalah mobil Mazda6 buatan 2003-2008, MazdaSpeed6 buatan 2006-2007 dan Mazda RX-8 buatan tahun 2004. Untungnya sejauh ini belum ada info kalau Mazda di Indonesia ada yang terkena.

Secara total, recall berkaitan airbag Takata sudah melibatkan 23 juta airbag di 19 juta kendaraan yang diproduksi oleh 12 produsen mobil. Gara-gara kasus ini, Takata setuju membayar denda sebesar US$ 70 juta (sekitar Rp 950 miliar ) karena telah melanggar aspek keselamatan. Tapi itu belum final dan baru kesanggupan Takata saja. Karena ternyata bila hukuman terberat dijatuhkan oleh lembaga keselamatan lalu lintas Amerika alias NTSB (National Transportation Safety Board), Takata bisa terkena penalti tambahan senilai US$ 130 juta (sekitar Rp 1,7 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com