F1 Spanyol: Max Verstappen Ukir Rekor Juara F1 Termuda, Rio Haryanto Konsisten

F1 Spanyol: Max Verstappen Ukir Rekor Juara F1 Termuda, Rio Haryanto Konsisten

Pembalap Belanda yang baru saja bergabung di tim Red Bull-TAG Heuer langsung meraih kemenangan di GP F1 Spanyol hari ini (15/5). Bukan saja merupakan kemenangan pertama tim Red Bull di tahun ini, tapi juga ia mengukir sejarah menjadi juara F1 termuda dengan usia 18 tahun 7 bulan dan 15 hari. Rekor sebelumnya dicetak Sebastian Vettel yang juara F1 pertama kali di usia 20 tahun.

Keberhasilan Max Verstappen yang juga putra Jos Verstappen diakibatkan oleh gabungan beberapa hal. Pertama adalah insiden tabrakan 2 pembalap Mercedes yang biasanya selalu mendominasi. Lewis Hamilton yang coba menyalip kembali Nico Rosberg di lap pertama, terdesak masuk rumput, kemudian melintir dan menabrak rekan setimnya. Tiba-tiba melintir dan tabrakan dengan rekan setimnya, Nico Rosberg. 

Kesialan duet Mercedes membuat balap berlangsung seru, karena tak ada lagi mobil yang begitu superior di antara lainnya. Dan di sinilah kualitas Max mulai kelihatan.

Max berhasil menjalankan strategi pit stop yang sangat baik. Ia diberi kesempatan pitstop 2 kali oleh timnya, sementara kebanyakan pembalap lain 3 kali. Strategi 2 kali pitstop baru bisa berhasil kalau si pembalap muda itu mampu menjaga kondisi ban hingga mampu melaju 32 lap tanpa mengganti ban. Satu-satunya pembalap papan atas lain yang memakai strategi sama adalah Kimi Raikkonen dari Ferrari.

Selama lebih dari 20 putaran, Verstappen melakukan hal yang luar biasa. Ia mampu menjaga kecepatan sembari menjaga kondisi ban. Lebih dari itu, ia tak sedikitpun melakukan kesalahan meski terus menerus ditempel Kimi Raikkonen yang tak sampai 1 detik di belakangnya.

Max Verstappen jadi juara F1 termuda

Dan terbukti sampai bendera finish berkibar baik Vettel maupun Kimi tak bisa menyusul Verstappen. "Tak bisa saya percayai hal ini. Langsung menang pada balap pertama saya untuk Red Bull adalah sesuatu yang luar biasa," girang Verstappen di podium kemenangan.

Max Verstappen saat ini berusia 18 tahun, artinya ia hanya berusia 3 tahun saat Kimi Raikkonen melakukan debut F1 di tahun 2000 lalu. Sebelumnya ia membela tim Toro Rosso, hingga pada seri Rusia kemarin Red Bull-TAG Heure mendepak Daniil Kvyat dan bangkunya diisi oleh Verstappen.

Sementara Rio Haryanto yang start dari urutan 22 menjalani balap di sirkuit sepanjang 4,6 km ini dengan cukup baik. Pembalap andalan Manor Racing Team ini bersama rekan setimnya terbilang konsisten melahap total 66 lap tanpa kesalahan dan insiden. "Saya sebenarnya kagum pada Rio. Rekan setimnya (Pascal Wehrlein) merupakan pembalap hebat yang sudah dilirik tim Mercedes. Namun Rio tak pernah kalah jauh bahkan beberapa kali lebih cepat dari Pascal," ucap Martin Brundle dalam siaran F1 di Fox Sport Sabtu (14/5) lalu.

Kalaupun Rio belum berhasil meraih poin atau bahkan podium, itu dikarenakan timnya merupakan papan bawah. Akan tetapi bila ia bisa konsisten terus menyaingi Pascal, bukan mustahil ia akan dilirik tim lebih kuat musim-musim berikutnya.

 

Berikut hasil balap F1 Catalunya 2016:

1. Max Verstappen  Red Bull-Renault    

2. Kimi Raikkonen   Ferrari-Ferrari    

3. Sebastian Vettel  Ferrari-Ferrari     

4. Daniel Ricciardo  Red Bull-Renault     

5. Valtteri Bottas     Williams-Mercedes     

6. Carlos Sainz Jr   Toro Rosso-Ferrari     

7. Sergio Perez       Force India-Mercedes     

8. Felipe Massa       Williams-Mercedes     

9. Jenson Button     McLaren-Honda    

10. Daniil Kvyat      Toro Rosso-Ferrari     

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com