F1 Belgia: Nico Rosberg Juara, Manor Racing Tanpa Rio Haryanto

F1 Belgia: Nico Rosberg Juara, Manor Racing Tanpa Rio Haryanto

Nico Rorsberg keluar sebagai juara pertama F1 seri Belgia (28/8) yang berlangsung dengan permulaan drama. Sementara tim Manor Racing yang tanpa kehadiran Rio Haryanto lagi masih belum berubah banyak pencapaiannya seperti seri-seri lalu.

Rosberg yang start dari posisi terdepan bisa dibilang sukses sekaligus beruntung dalam balapan yang digelar di sirkuit Spa Francorchamps ini. Begitu bendera start berkibar ia berhasil meninggalkan lawan-lawan di belakang yang lumayan ketat peberebutan sampai tikungan kedua.

Terjadi drama di awal lomba

Sampai-sampai Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen terlibat senggolan pada ban depan dan mengakibatkan Vettel tergelincir. Belum lagi persaingan Kimi dengan pembalap elia Max Verstappen yang berebut posisi lima di lap-lap awal. Hingga puncaknya terjadi kecelakaan tunggal yang dialami pembalap Renault Sport F1 Team, Kevin Magnussen. 

Kevin yang tiba-tiba melintir dan menghantam pagar pembatas dalam kecepatan tinggi itu membuat mobilnya hancur berantakan, beruntung ia hanya cedera ringan pada tumit. Pimpinan lomba pun mengambil keputusan untuk mengibarkan bendera merah yang artinya balapan harus berhenti sementara.

Dari sini balapan pun cukup berubah setelah start kembali diulang. Perlombaan yang sedang berada di lap 10 ini diisi formasi Rosberg pada urutan pertama, Ricciardo, Hulkenberg, Alonso, Hamilton, Massa, Perez, Kvyat, Palmer, Grosjean, Vettel, Bottas, Gutierrez, Verstappen, Ocon, Nasr, dan Raikkonen.

Rosberg mulai membuka jarak dengan unggul 1,5 detik dari Ricciardo. Keduanya langsung menjauh dengan gap 3,9 detik dari Hulkenberg. Sementara Hamilton berhasil melewati Alonso untuk merebut posisi empat. 

Setelah melewati 44 lap, Rosberg akhirnya keluar menjadi juara. Diikuti Daniel Ricciardo (Red Bull Renault) dan Lewis Hamilton di posisi dua serta tiga. "Ini adalah akhir pekan yang menakjubkan. Terima kasih untuk tim yang telah membuat saya melewati balapan yang cukup berat ini," tukas Rosberg usai lomba.

Sementara Rio Haryanto resmi pisah dengan Manor Racing di Formula 1 mulai dari F1 seri Belgia ini. Kiprahnya terhenti setelah posisinya digantikan oleh pembalap asal Prancis, Esteban Ocon. Keputusan ini diambil Manor karena pembalap F1 pertama asal Indonesia itu tidak bisa memenuhi kewajiban kontraktual terkait kekurangan dana.

Meski begitu pencapaian tim Manor Racing belum banyak berubah. Pascal Wehrlein harus berhenti di tengah lomba karena bertabrakan  sementara Esteban Ocon hanya finish kedua dari belakang. Rio Haryanto sendiri menjadi pembalap cadangan di tim tersebut.

 

Hasil Lomba GP Belgia

1. Nico Rosberg    Mercedes-Mercedes     
2. Daniel Ricciardo        Red Bull-TAG Heuer    
3. Lewis Hamilton        Mercedes-Mercedes     
4. Nico Hulkenberg        Force India-Mercedes     
5. Sergio Perez            Force India-Mercedes    
6. Sebastian Vettel        Ferrari-Ferrari    
7. Fernando Alonso        McLaren-Honda    
8. Valtteri Bottas        Williams-Mercedes    
9. Kimi Raikkonen        Ferrari-Ferrari 
10. Felipe Massa        Williams-Mercedes    

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com