BEIJING MOTOR SHOW: Ini Dia Mobil-Mobil Copycat Edisi 2016!

BEIJING MOTOR SHOW: Ini Dia Mobil-Mobil Copycat Edisi 2016!

Produsen mobil Cina dikenal suka meniru desain pabrikan atau merek kondang. Pemerintah setempat memang seakan 'mengizinkan' hal itu terjadi untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif yang baru taraf awal di negara itu. Akan tetapi aksi copycat ini ternyata menjadi magnet pengunjung Beijing Motor Show, yang berlangsung pada tanggal 25 April–4 Mei ini.

Beijing Motor Show sendiri merupakan pameran berskala internasional terakreditasi OICA (Lembaga yang memayungi produsen otomotif dunia), seperti halnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), yang akan diselenggarakan Agustus mendatang.

Tentu saja sebagai pameran yang terafiliasi OICA, Beijing Motor Show 2016 juga menghadirkan sejumlah produk baru dari pabrikan-pabrikan kondang. Apalagi pasar Cina sangat penting bagi banyak merek mobil. Alasan itu juga yang membuat pabrikan mobil seakan merelakan desain mereka ditiru. Karena meski desainnya mirip, namun mereka yakin teknologi adalah suatu hal yang masih sulit dikopi. Sebagai info, kebanyakan dari mobil ini hanya boleh dijual di dalam negeri Cina.

Kami juga akan menyampaikan mobil-mobil baru yang meluncur di sana. Tapi untuk edisi awal ini, mari kita lihat mobil-mobil 'copycat' pabrikan Cina yang dipamerkan di 2016 ini.

 

Lifan 320 – MINI

Memang, jika dilihat sekilas model Lifan 320 ini meniru MINI Hatchback. Meski ketika ditelisik lebih dalam, perbedaan di antara keduanya sangatlah jelas.

 

Shuanghuan SCEO - BMW X5

Desainnya terinspirasi dua mobil. Di depan, rancangan mirip dengan Lexus RX, sementara di belakang jelas sekali meniru BMW X5 generasi awal. Ketika model ini dibuat (2007), pabrikan Jerman mengajukan tuntutan kepada Shuanghuan, itulah sebabnya Shuanghuan SCEO ini dilarang beredar di Jerman.

 

Landwind X7 – Range Rover Evoque

Jika disandingkan, mobil ini mirip saudara jauh. Dan memang sangatlah jauh hubungannya. Landwind X7 sangat mirip dengan Evoque yang tentunya dijual jauh lebih murah harganya.

 

CH Auto Litia – Audi R8

Memang tidak terang-terangan meniru desain Audi R8, namun tampak jelas beberapa detailnya diambil dari supercar berlambang empat cincin tersebut. 

 

Yogomo 330 – Kia Picanto

City Car, juga menjadi target inspirasi produsen mobil di Cina. Kia Picanto seolah mendapat kembaran buatan Negeri Tirai Bambu.

 

Geely 300 – Mercedes-Benz C-Class W203

Salah satu produsen mobil terbesar Cina, membuat tiruan Mercedes-Benz C-Class (W203) sangat mirip sekali. Desain lampu dan gril benar-benar serupa dengan pabrikan asal Jerman tersebut. Meski desain buritan tak serupa Mercy.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com