Sudah Waktunya Peremajaan, KIA Optima Pakai Hybrid di Tahun Depan

Sudah Waktunya Peremajaan, KIA Optima Pakai Hybrid di Tahun Depan

KIA Motors Europe kabarnya tak lama lagi akan mengeluarkan generasi terbaru dari KIA Optima sedan. Optima yang diduga kuat akan mengaspal pada 2016 ini mengusung teknologi hybrid yang sangat ramah lingkungan.  

Di negara asalnya, Korea Selatan, Optima yang punya kode nama K5 bahkan belum mencapai pengembangan yang sepesat di daratan Eropa. Bayangkan saja, di Eropa Optima ini akan dicangkokkan mesin hybrid, dengan basis mesin bensin 2,000 cc empat silinder.

Motor listrik 50 kW (sekitar 67 dk) akan menjadi suplemen dalam memberikan performa dan efisiensi bahan bakar. Formasi mesin tersebut akan diladeni dengan girboks otomatik 6 percepatan. Isi ulang daya baterainya disebut hanya memakan waktu tiga jam dari nol sampai terisi penuh.

Dilansir dari Auto Express, sedan empat pintu ini punya sistem penggerak yang cukup rendah tingkat kebisingannya. Ditambah saat mode elektrik sedang aktif, kian senyap saja suaranya.

Dengan sistem mesin hybrid ini Optima bisa menempuh jarak 43 kilometer dengan pemakaian full motor listrik. Dan seperti mobil hybrid lainnya, saat mesin bensin bekerja juga bisa sambil mengisi daya baterai.

Model hybrid ini kabarnya juga akan masuk pasar berbagai negara. Walau belum ada info resmi dari KIA Indonesia, tapi tentu mobil ini layak ditunggu. Apalagi di pasar domestik Inggris juga ada versi dieselnya yang punya mesin terkenal irit bahan bakar. Sayangnya kedua mesin menarik ini sangat tidak diuntungkan oleh kondisi Indonesia. Tidak ada keringanan pajak untuk hybrid, lantas bahan bakar diesel di sini pun tak cukup melayani kebutuhan mesin modern.

“Saat KIA Optima hadir secara global pada tahun 2010, mobil tersebut memang kami proyeksikan untuk lima tahun ke depan,” ujar Michael Cole, Chief Operating Officer, KIA Motors Europe. Komentar Cole tersebut tentu menguatkan kehadiran Optima di tahun 2016 yang tak lama lagi. “KIA Optima yang baru hadir dalam kombinasi teknologi, desain, dan tentu sebagai penyempurnaan dari produk kami sebelumnya. Secara fundamental dapat mengubah cara orang melihat merek KIA.” Wah, jadi penasaran! 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com