Malaysia Rintis Kerjasama Dengan Cina Bangun Mobil ASEAN

Cukup sukses dengan mobil nasionalnya, Malaysia mulai jajaki mobil ASEAN dengan awal kerjasama bareng Cina.
Penulis: Danu P Dirgantoro
Senin, 21 September 2015 09:00 WIB
Berita - Malaysia Rintis Kerjasama Dengan Cina Bangun Mobil ASEAN
Bagikan ke:

Pabrikan mobil dari Malaysia, Proton, tampaknya akan bekerja sama dengan pabrik mobil di Tiongkok. Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk membuat produk berembel-embel Mobil ASEAN. Datuk Ong Ka Chuan selaku Menteri Perdagangan Internasioanal dan Industri Malaysia pun mengamini hal ini. Ia berharap kerjasama yang dirintis itu bisa menghasilkan keuntungan bagi kedua negara.

Seperti dikutip web lokal Malaysia paultan.org, ia mengatakan,”Kami punya kebijakan sendiri. Dan dengan Proton kami punya kepentingan nasional. Tapi jika kami kerjasama dengan pabrik mobil di Cina, kita bisa bersama-sama membuat sebuah mobil ASEAN untuk pangsa pasar ASEAN. Tentu ini akan menjadi keuntungan untuk negara kita dan mereka. Kami masih terus kendalami hal ini.”

Tapi perlu diperhatikan. Bahwa Ong berbicara dalam konteks perjanjian perdagangan bebas. Free Trade Agreement (FTA) antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN memang akan menjadi keuntungan tersendiri bagi pebisnis. Kerjasama tentang mobil ASEAN ini kabarnya akan disimpulkan pada China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke 12 di kota Nanning, Tiongkok akhir 2015 nanti. 

Wah, Indonesia ketinggalan langkah lagi di dunia otomotif sepertinya.

#proton #mobil-asean

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.