Inilah Mobil Aman ASEAN Yang Paling Murah

Inilah Mobil Aman ASEAN Yang Paling Murah

Hasil mengejutkan datang dari The New Car Assessment Programme for South East Asean Countries alias ASEAN NCAP. Mobil peraih bintang lima terbanyak untuk mobil teraman dengan harga terjangkau diraih oleh mobil kebanggaan negara Malaysia, Proton. 

Proton Iriz meraih posisi pertama mobil termurah di Malaysia yang meraih bintang lima untuk kategori AOP (Adult Occupant Protection) perlindungan untuk orang dewasa. Ia meraih angka 14,07 dari angka maksimum 16 dari pengujian tabrak depan. Mobil ini pun memiliki stabilty control sebagai standar. Di daftar terhormat lima bintang ini juga ada Proton Preve, Proton Suprima, Ford Fiesta, Honda Jazz dan City yang berharga lebih mahal.

Beralih ke bintang empat, Perodua Axia yang dikenal dengan Daihatsu Ayla di Indonesia meraih kemenangan untuk harga termurah dengan tingkat keamanan setara. Mengalahkan Kia Picanto dan Mitsubishi Mirage yang memiliki harga di atas Perodua Axia.

Ada sedikit keunikan pada Chevrolet Colorado dan Isuzu Dmax, walau memiliki persamaan identik namun hasil yang didapat berbeda. Chevrolet meraih hasil maksimal dengan lima bintang unggul di atas Isuzu yang hanya meraih empat bintang. Sementara untuk kategori COP (Child Occupant Protection), bintang lima terbaik hanya diraih oleh Nissan Teana.

Sementara untuk bintang empat diraih oleh Perodua Axia, Perodua Myvi atau disini dikenal dengan Daihatsu Sirion dan Proton Iriz. Untuk bintang tiga diraih oleh Proton Saga. Yang mengejutkan, Pajero Sport dan Toyota Avanza sebagai mobil seven seater keluarga hanya meraih dua bintang.

Untuk lengkapnya Anda bisa lihat di tabel ini. Harga memang masih dalam Ringgit Malaysia.

Lantas bagaimana dengan mobil yang masih beredar di Indonesia? Melihat daftar peraih bintang lima, maka untuk Indonesia pemenangnya adalah Proton Suprima. Untuk kategori bintang empat sendiri, tetap Daihatsu Ayla yang jadi jawara paling murah.

ASEAN NCAP

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com