Unik, Volvo Malah Ingin Konsumen Tak Beli Produk Mobilnya

Unik, Volvo Malah Ingin Konsumen Tak Beli Produk Mobilnya

Gerak-gerik Volvo belakangan ini memang menyita perhatian. Jika masih ingat, pabrikan asal Swedia tersebut memutuskan untuk tidak memajang satu unit mobil pun di ajang pameran otomotif Los Angeles Auto Show pada 30 November – 9 Desember kemarin dan sekarang Volvo membuat kampanye ‘Jangan Beli Mobil Ini’ di Jerman. 

Kampanye tersebut ternyata merupakan strategi untuk mengajak para konsumen menggunakan mobil-mobil Volvo dengan melakukan subscription (berlangganan) di aplikasi Care by Volvo.

 

Care by Volvo sendiri merupakan cara baru bermobilitas yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif milik Geely ini. Alih-alih membeli secara konvensional melalui tunai maupun kredit, pabrikan tersebut mengajak para konsumennya mengendarai model Volvo yang diinginkan dengan cara sewa (leasing) selama dua tahun, dengan opsi membeli setelahnya, atau melanjutkan sewa untuk model yang dikehendaki.

Pelanggan Care by Volvo tak perlu mengeluarkan uang muka. Uang berlangganan pun sudah termasuk beragam biaya lain semisal asuransi, pajak, road-side assisstance, servis dan perawatan. Strategi inovatif tersebut diterapkan agar Volvo bisa tetap relevan di mata generasi mendatang yang dibesarkan di tengah kebiasaan ride-sharing atau car-sharing (taksi online).

Care by Volvo telah menjalani pengetesan terbatas di Amerika Serikat (AS) serta Eropa selama setahun. Menurut mereka, para pelanggan aplikasi di AS rata-rata berusia 40 tahun atau satu dekade lebih muda dari rata-rata pembeli Volvo. Volvo memperkenalkan program ini di Jerman pada Oktober kemarin.

Tarif berlangganan per bulan tergantung model. Harga bisa dimulai dari sekitar 498 euro (Rp 8,20 juta) untuk XC40 varian terendah hingga 929 euro (Rp 15,30 juta) bagi XC90 varian termewah.

Volvo tak sendiri. Ford, Mercedes-Benz, Porsche, Cadillac, Lynk $ Co juga telah menginisiasi layanan serupa. “Ini sangat transparan, cara mempunyai mobil tanpa repot. Anda tahu persis biayanya,” ucap Hakan Samuelsson, Chief Executive Officer Volvo Cars.

Permasalahannya hanya satu. Biaya berlangganan Care by Volvo bisa berselisih cukup lumayan jika dibandingkan membeli secara kredit. Di Jerman, cicilan bulanan XC40 dimulai dari sekitar 300 euro (Rp 4,94 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com