Tsunami Terjadi Saat Mengendarai Mobil? Lakukan Hal ini

Tsunami Terjadi Saat Mengendarai Mobil? Lakukan Hal ini

Bencana alam tsunami kembali melanda Indonesia. Provinsi Banten dan Lampung bagian selatan dihajar gelombang laut besar alias tsunami yang memakan korban jiwa. 

Tak hanya di Banten dan Lampung selatan, tentunya bencana tersebut dapat menimpa kapan saja dan daerah pesisir mana saja. Lantas saat gelombang tsunami menyerang dan Anda sedang mengendarai mobil, apakah yang harus dilakukan?

Soni Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di saat tsunami melanda.

 

"Saat berkendara, segera menghindar dan menuju ke lokasi tertinggi selagi bisa melakukan pergerakan. Lalu, kaca mobil wajib dibuka untuk memudahkan proses evakuasi. Karena jika kaca mobil tertutup akan sulit membuka pintu mobil jika ada badai atau terjangan gelombang air,” ujar Soni Susmana ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (23/12).

Selain itu juga, Soni turut menjelaskan langkah-langkah sesaat setelah tsunami menyerang.

“Jika mengendarai mobil tak memungkinkan, cari clear dan flat area lalu segera berhenti. Lepas semua sabuk pengaman dan tetap di dalam kendaraan. Jika gempa berpotensi tsunami, segera keluar kendaraan dan mencari area yang lebih tinggi,” tutup Soni.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com