Toyota Prius Terbaru Akan Pakai Panel Surya, Cocok Untuk Iklim Indonesia

Toyota Prius Terbaru Akan Pakai Panel Surya, Cocok Untuk Iklim Indonesia

Toyota Prius dikenal sebagai hybrid ramah lingkungan. Kini ia akan punya fitur yang kian mendukung efisiensi penggunaan energi, yakni panel surya.

Jika anda pernah melihat panel surya yang dipakai untuk menyalakan lampu jalanan umum, nah demikian juga Prius yang tengah dikembangkan ini. Seperti yang dilansir Leftlanenews (18/6) nantinya Prius akan punya solar panel yang menutup seluruh bagian atap sedan ini. 

Walau Toyota yakin terobosan ini bisa menghemat pemakaian baterai mobil sampai 10 persen tapi pabrikan asal Jepang itu masih memilih-milih pasar negara mana yang bisa dimasuki Prius "tenaga surya" ini. Seperti di Amerika Serikat, mobil ini terhadang oleh regulasi yang menyebut unsur kaca pada panel surya yang dipakai dapat menurunkan tingkat keselamatan.

.

Untuk awalannya, Prius terbaru ini akan diual di Eropa dan Jepang terlebih dulu. "Kami mungkin akan memperkenalkan dulu mobil ini ke pasar Amerika Serikat. Karena akan sangat bagus charging baterai Prius dengan cara ini (panas matahari) di California atau Arizona," tukas Koji Toyoshima, chief engineer Toyota Prius plug-in Project.

Dengan adanya panel surya di atap mobil dimaksudkan Toyota agar mobil ini terisi ulang daya baterainya saat diparkir di area terbuka dan kondisi panas. Semoga saja Prius terbaru ini akan didistribusikan ke Indonesia karena iklim kita yang tropis. Dengan begitu akan lebih banyak lagi energi matahari yang bisa digunakan.

Saat ini Toyota Indonesia menjual satu model hybrid juga tapi bukan Prius. Melainkan adalah All New Camry Hybrid bermesin bensin 2.500 cc yang berduet dengan motor listrik. 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com