First Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 24 April 2024 10:00 WIB
Berita - First Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas
Bagikan ke:
GWM Poer pikap mewah berteknologi PHEV

OTODRIVER - Belasan tahun silam, Great Wall Motor (GWM) pernah mencoba peruntungan menjajakan pikapnya yakni Great Wall Wingle di Indonesia. Namun nampaknya pikap yang dijejali dengan mesin diesel 2.8 liter ini kurang sukses menggebrak pasar tanah air saat itu.

Beberapa isu seputar kualitas, performa dan belum dikenalnya brand ini Great Wall menyebabkan pikap ‘work horse’ ini harus hengkang dari pasar nasional. Kisah Great Wall dengan pikapnya harus pupus di tanah air.

Berbincang mengenai pikap Great Wall, ternyata tidak hanya berhenti dengan Wingle saja. Pabrikan asal Tiongkok ini masih tetap memproduksi varian Wingle hingga saat ini. Selain itu, GWM pun terus melakukan ekspansi di kelas pikap hingga saat ini. Salah satunya yang paling menonjol adalah GWM Poer.

Berbeda dengan Wingle, GWM Poer ditempatkan sebagai pikap yang lebih mewah dan juga modern. Dan OtoDriver berkesempatan mencoba langsung varian terbarunya yakni GWM Poer Sahar PHEV, langsung di markas besar GWM di Baoding, China.

Mohon jangan disamakan dengan Wingle, tampilan Poer cukup menawan dan terasa sedikit Amerika. Desain parasnya seakan merupakan campuran antara Ford F-150 dan Dodge RAM.

Saat memasuki kabinnya, nampak desainnya nyaris sama dengan Tank 500 dan dilengkapi dengan dasbor modern syarat dengan layar TFT untuk cluster pengemudi dan satu layar lebih besar lagi pada bagian tengah. Panel-panel soft touch dapat ditemui pada bagian dasbor dan juga pintu. Tak hanya itu bangkunya pun dibungkus dengan material kulit, sehingga cukup mewah. Konsep kemewahannya kurang lebih sama dengan yang disodorkan oleh Ford F-150 dengan Platinum ataupun Chevrolet Silverado High Country.

Foto - First Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas
Interior GWM Poer Sahar PHEV

Berbincang tentang mesin. Pikap ini hybrid ini dilengkapi dengan mesin bensin 2.0 turbocharged liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan dan tranfercase 2 speed.

Sayangnya sampai saat ini kinerja mesinnya belum dibeberkan oleh pihak GWM. Namun melihat spek mesin yang sama dengan milik GWM Tank 500 Hi4-T (PHEV), bisa jadi performanya mendekati SUV mewah itu dengan gelontoran daya 400-an daya kuda.

OtoDriver pun berkesempatan untuk mencoba pikap ini di fasilitas pengetesan milik GWM yang berlokasi sekitar 3 jam perjalanan dari Beijing.

Walau waktu cukup terbatas, namun performa pikap ini cukup mengesankan. Untuk ukuran pikap Asia, mobil ini tergolong bongsor dan terasa cukup enteng saat diajak berakselerasi. Dan relatif mudah untuk melakukan manuver saat pengetesan menghindari cone yang disusun di lintasan. Selain itu pengendaliannya terasa mantap dan tenang.

Foto - First Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas
GWM Poer Sahar PHEV

Hanya saja peluang untuk masuk ke Indonesia, sepertinya masih jauh panggang dari api. Sejauh ini pihak GWM Indonesia masih akan fokus pada kendaraan penumpangnya seperti Tank 500 HEV ataupun Haval H6. “Kemungkinan selalu terbuka, namun saat ini kami masih fokus untuk produk passenger,” tutur Hari  Arifianto, Direktur Pemasaran PT Inschcape Indomobil Energi Baru, selaku APM GWM di Indonesia.

Mengenai nama Poer itu sendiri merupakan singkatan dari Powerful – Off-Road – Enjoyable – Reliable (SS)

#gwm #poer-sahar-phev #pikap-hybrid #great-wall-motor

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.