Tips Kuno Enyahkah Butiran Air di Kaca Saat Hujan

Tips Kuno Enyahkah Butiran Air di Kaca Saat Hujan

Pada saat musim hujan tiba, tak jarang kita pandangan kita terhalang bulir-bulir air hujan yang menempel pada permukaan kaca mobil. Bulir air di kaca depan dapat dienyahkan dengan sapuan wiper, namun bagaimana dengan air yang menempel di bidang lainnya sepertu kaca samping atau kaca spion?

Bidang yang tak terjangkau wiper bisa saja diberi dengan cairan water repellent untuk mendapatkan efek daun talas agar tak ada air yang nempel.

 

Namun sebenarnya ada bahan lain yang lebih mudah dan murah untuk didapatkan. Berbekal pengalaman yang didapatkan dari para supir truk jaman old, cara unik ini didapatkan.

“Kami biasa gunakan rokok untuk menghilangkan bulir-bulir air ini sehingga pandangan pada kaca samping ataupun kaca spion tetap bersih,” terang Suwarto salah satu supir veteran yang melenggang di jalur Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tahun 80-an hingga awal tahun 2000-an.“Gunakan rokok kretek, jangan rokok putih. Mungkin dikarenakan kadar tembakau yang lebih murni,” imbuh pria asal Banyuwangi ini.

“Caranya cukup sederhana dengan merendam beberapa batang rokok di dalam ember berisi air bersih. Diamkan sesaat sampai air berwarna kecoklatan,” sambung Suhardi salah satu rekan Warto. “Setelah itu basahi dan usap permukaan kaca dengan air tembakau hingga merata. Ulangi beberapa kali untuk hasil yang lebih baik,” papar Hardi, panggilan akrab pria yang kini masih menggeluti profesi supir ini.

Keduanya mengaku  bahwa tips ini didapatkan dari mulut ke mulut dari supir-supir seniornya.

Sayangnya, tips ini punya kekurangan yakni meninggalkan noda tipis kecoklatan. Namun noda tersebut cukup mudah dibersihkan dengan menggunakan air sabun.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com