Resep Ganti Pelek Besar Tanpa Kurangi Akurasi Speedometer

Resep Ganti Pelek Besar Tanpa Kurangi Akurasi Speedometer

Salah satu cara mendongkrak penampilan mobil adalah dengan mengganti pelek. Trend ukuran pelek lebih besar dari bawaan pabrik masih menjadi racikan tampilan keren sebuah kendaraan.

Penggantian pelek besar tentu diikuti dengan penggantian ukuran ban yang akan digunakan. Salah satu dampak pemilihan ukuran ban adalah terdapatnya selisih angka speedometer dari sebelumnya.

 

“Jika menginginkan speedometer tetap akurat, maka pemilihan krusial ada pada ukuran ban yang akan digunakan,” terang Wibowo Santosa, juragan Permasuri Ban yang buka workshop-nya di daerah Jakarta Selatan.

Pria yang akrab disapa Bowo ini mengatakan bahwa yang dijadikan persamaan adalah lingkar keseluruhan ban. “Semisal sebuah Avanza dengan ukuran ban standar 185/70/R14 akan diganti dengan pelek ukuran 17 maka harus menggunakan ban dengan lingkar keseluruhan yang sama bawaan aslinya,” imbuhnya.

Semisal ban 185/70/R14 ban ini punya ukuran lingkar 1.934 mm. Maka untuk mendapatkan ukuran yang sama persis maka harus menggunakan ban berukuran 205/45/R17 yang juga punya ukuran lingkar 1.934 mm. Keduanya punya ukuran total diameter yang sama yakni 616 mm.

 

Hanya saja terjadi perbedaan pada lebar ban 185 mm untuk ban R14 dan 205 mm untuk R17. Namun hal ini tidak akan berpengaruh pada speedometer.

Namun tidak semua ukuran ban bawaan mobil akan mendapat ukuran yang sangat akurat. Semisal Toyota Veloz yang memiliki ban berukuran 185/65/R15, maka jika menggunakan pelek ukuran R17 inci ukuran yang mendekati adalah 205/45/R17. Keduanya memiliki selisih pada ukuran lingkarnya di mana ban bawaan Veloz berlingkar 1.950 mm dengan total diameter 621 mm. Terjadi koreksi pada speedometer jadi 0,8% lebih lambat dari ban standar.

“Memang tak selalu bisa sama persis, namun ada toleransi selisihnya tak lebih dari 5%,” sambungnya.

Bowo mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan perbandingan ukuran ban, pihaknya sudah menyiapkan hitungan yang bisa diakses melalui web resmi Permaisuri ban yakni www.permaisuri.com.

185/65/R15 vs 205/45/R17

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com