Komparasi Spek Toyota Corolla Altis VS Honda Civic Turbo Sedan

Komparasi Spek Toyota Corolla Altis VS Honda Civic Turbo Sedan

Toyota resmi menghadirkan model terbaru Corolla Altis untuk pasar tanah air pada 12 September 2019.

Mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), kini Altis lebih modern dan berdimensi lebih besar.

Di kelas medium sedan, tentu Altis tak hanya seorang diri, karena sejak dulu Honda sudah memasang nama Civic untuk berbagi kue di kelas tersebut bersama Altis.

Lantas bagaimana dengan perbandingannya?

 

Mesin

Dimulai dari mesin, untuk varian bensin G dan V, Altis dipersenjatai dapur pacu berkapasitas 1.800 cc 4 silinder dengan kode 2ZR-FE yang sama dengan model sebelumnya. Kemudian didukung dengan transmisi CVT sehingga mampu menghasilkan tenaga 140 ps serta torsi 171 Nm. 

Sementara Civic turbo sedan hadir dengan mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo yang mampu mengais tenaga sebesar 173 ps pada rpm 5.500. Kemudian torsi puncaknya menembus 220 Nm di putaran mesin 1.700-5.500 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan oleh transmisi CVT with Earth Dreams Technology khas Honda.

Dalam hal ini, Civic turbo sedikit lebih unggul berkat dorongan turbo yang dimilikinya.

 

Dimensi

Berlanjut ke dimensi, dalam acara peluncurannya, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa Altis kini sedikit lebih besar ketimbang model sebelumnya. Ia lebih panjang 10 mm dan lebih lebar 5 mm. Sehingga kini tercatat memiliki panjang keseluruhan 4.630 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.435 mm dengan wheelbase 2.700 mm.

Sedangkan Civic turbo sedan hadir dengan panjang 4.630 mm, lebar 2.705 mm, tinggi 1.416 mm dan wheelbase 2.700 mm.

Untuk sektor ini, Civic lebih bongsor berkat panjangnya mencapai 2.705 mm yang tercatat di daftar spesifikasi. Sedangkan untuk jarak sumbu roda, terjadi kesamaan antar keduanya.

Fitur

Bisa dikatakan kedua sedan sama-sama dibekali fitur modern nan canggih, Altis datang dengan segudang fitur keselamatan baru seperti Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-Collision system, Dynamic radar criuse control, Lane departure alert, serta Automatic high beam.

Sementara Honda juga tak kalah melengkapi Civic turbo sedan dengan sasis body G-CON + ACE™ yang kokoh sehingga menjaga penumpang dari benturan yang fatal saat kecelakaan. Kemudian juga dilengkapi Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA) serta Motion Adaptive EPS.

Harga

Berbicara harga, PT Toyota Astra Motor (TAM) melansir tiga varian Altis terbaru yang dijual Rp 468,2 juta untuk tipe G, kemudian Rp 489,3 juta untuk tipe V, dan Rp 566,3 juta untuk varian hybrid.

Dalam hal ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya menjual satu varian Civic turbo yang dibanderol Rp 507 juta.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com