First Impression Mazda 3 Hatchback Generasi Terbaru

First Impression Mazda 3 Hatchback Generasi Terbaru

OtoDriver mendapat kesempatan khusus dari PT Eurokars Motor Indonesia untuk bertemu langsung Mazda 3 generasi terbaru sebelum waktunya diluncurkan. Kesempatan yang tak kami sia-siakan tersebut nyatanya berbuah manis.

Pasalnya sang hatchback memiliki paras tampan, bahkan dari setiap sisinya, kami menyukai mobil ini.

Mengusung “KODO-Soul of Motion” seperti generasi modern Mazda lainnya, Mazda 3 terlihat mengedepankan sisi futuristik dan kemewahan. Ada dua model yang diperlihatkan, hatchback dan sedan. Namun yang akan kami bahas pertama adalah model hatchback, karena kami anggap lebih menarik.

 

Lampu depan LED dibuat modern dan menyipit, serta memiliki fitur auto levelling. Fungsi lampu depan juga tak hanya menyinari jalan, tetapi sudah dilengkapi fitur AFS, High/Low Running Lamp yang sangat fungsional. 

Kemudian, pada sisi samping pada bodi Mazda 3 terlihat dinamis dengan lekukan tegas memanjang pada bagian bawah atau side skirt. Kemudian handle door dengan kaca jendela berbentuk trapezium khas mobil hatchback terlihat sexy. Ditambah pelek 18 inci dengan balutan ban 215/45 membuat tampilannya semakin macho.

 

Masuk ke dalam kabin, Mazda 3 hatchback mengusung dasbor dan jok kulit berwarna merah yang terlihat sporty. Kualitas joknya juga jempolan, dengan jahitan yang cukup rapih. Kemudian head unit model pop up di dasbor, memiliki konektifitas USB ports, auxiliary audio input dan radio AM/FM.

Tak sampai di situ saja, bahkan pada bagian pengemudi juga akan menampilkan desain HMI atau speedometer modern yang memperlihatkan meter set berupa Analog Tachometer dengan Trip Computer yang begitu user friendly.

 

Meski hanya memutar halaman kantor, dimensinya yang kompak dengan panjang 4.475 mm, lebarnya 1.795 mm, tinggi 1.465 dengan jarak sumbu roda 2.700 mm terasa lincah saat menikung. Dengan bobot 1.370 kg dan ground clearance 154 mm, hatchback ini cukup tangguh melahap jalan.

Soal performa mesin, tak perlu diragukan lagi. Mazda mempercayakan SkyActive-G In-Line dengan 4 Silinder tipe DOHC berkapasitas 1.998 cc. Dipadu dengan sistem transmisi SkyActive-Drive 2.0 dengan 6 percepatan automatic with manual shift, menghasilkan tenaga 165 PS/6.000 dengan torsi puncak 210 Nm pada 4.000 rpm.

 

Dengan demikian, pertemuan pertama kami dengan mobil ini begitu menyenangkan. Beruntung, Otodriver juga diundang dalam rangkaian media test drive Mazda3 tanggal 8-9 Juli mendatang. Ingin tahu rasa berkendaranya? Pantau terus perkembangan artikel Mazda 3 generasi terbaru ini hanya di OtoDriver.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com