12 Mobil Baru Paling Fenomenal di Indonesia Selama 2017

12 Mobil Baru Paling Fenomenal di Indonesia Selama 2017

Tahun ini bisa dikatakan sebagai periode yang seru, bahkan cenderung panas. Pasalnya, beberapa produsen mobil seolah berlomba menghadirkan lini produk terbarunya di Indonesia. Terutama di segmen yang paling banyak diburu oleh konsumen tanah air. 

Segmen tersebut di antaranya adalah SUV, LCGC dan LMPV. Tak hanya produsen yang telah eksis di tanah air, tahun ini setidaknya ada dua pemain baru yang turut meramaikan pasar otomotif tanah air.

Redaksi OtoDriver telah mencatat ada beberapa mobil yang kemunculannya menuai angka pembaca yang tak sedikit selama 2017. Mungkin salah satu mobilnya sudah Anda miliki. Berikut merupakan mobil-mobil terbaru yang tak sekedar mewarnai 2017 tapi juga menyita perhatian publik.

 

1. Honda CR-V Turbo

 

Sejak awal diluncurkan di tanah air, CR-V selalu dibekali mesin berkapasitas 2.000 cc dan 2.400 cc non Turbo. Namun, ada yang berbeda kali ini. Honda mengaplikasi mesin berkapasitas kecil dan dilengkapi dengan Turbo. Teknologi terbaru Honda ini diklaim mampu menghasilkan tenaga yang besar namun tetap irit BBM. Honda CR-V diluncurkan secara resmi di Indonesia pada April 2017 dan telah terjual sebanyak 33.366 unit per Desember 2017.

 

2. Wuling Confero

 

Bukan hanya produk baru, Wuling juga merupakan pemain baru di pasar Indonesia. Wuling hadir di Indonesia dengan memboyong produk pertamanya, yakni Confero. Model ini hadir menantang Avanza-Xenia dkk. Tak hanya harganya yang cukup terjangkau, produk yang diluncurkan pada bulan Agustus silam tersebut juga kaya akan fitur-fitur yang tidak dimiliki di kelasnya.

 

3. Mitsubishi Xpander

 

Model Mitsubishi yang masuk ke dalam kategori LMPV ini berbekal dimensi paling besar di kelasnya. Produk terbaru Mitsubishi ini cukup fenomenal dan berhasil menyita perhatian publik karena konsep yang diusungnya bernafaskan SUV, namun mampu angkut 7 penumpang layaknya MPV sejati. Saat tampil perdana di GIAS 2017, Xpander membuat booth Mitsubishi penuh sesak oleh pengunjung yang penasaran akan musuh baru Avanza ini.

 

4. Suzuki Ignis

 

Bukan hatchback, Suzuki menyebut Ignis adalah sebuah Urban SUV. Sejatinya Ignis aalah sebuah crossover, lihat saja ground clearance-nya yang tinggi. Ia juga tergolong memikat konsumen karena harganya yang ekonomis. Bahkan kini Ignis berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 8.717 per September 2017.

 

5. Honda Mobilio Facelift

 

Meski bukan generasi baru dan tak pakai mesin baru namun Mobilio facelift yang diluncurkan pada Januari 2017 ini cukup menarik perhatian publik. Pasalnya, LMPV Honda ini hadir dengan tampilan eksterior yang berbeda, terutama di bagian depan.

 

6. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

 

Bukan generasi baru bahkan model penyegaran, Suzuki justru menambah lini produk Ertiga dengan 1 varian terbaru bermesin diesel. Kemunculannya cukup fenomenal, pasalnya ini adalah satu-satunya LMPV bermesin diesel di Indonesia saat ini. Tak sekedar penenggak solar, Ertiga Diesel ini juga mengaplikasi sistem mild hybrid.

 

7. Agya dan Ayla 1.200 cc

 

Pada versi pre-Facelift, Agya dan Ayla hanya memiliki 1 pilihan mesin, yakni tipe bensin berkapasitas 1.000 cc 3 silinder. Namun dua Astra Toyota dan Daihatsu merilis LCGC 5 5 penumpang ini dengan 1 pilihan mesin tambahan berkubikasi 1.200 cc. Dengan konfigurasi 4 silinder, dapur pacu ini sudah berteknologi Dual VVT-i yang serupa dengan jantung pacu milik Calya-Sigra.

 

8. Honda Civic Hatchback Turbo

 

Honda Civic Turbo versi Sedan diluncurkan terlebih dahulu pada 2016 silam. Akhirnya pada pertengahan tahun ini, Honda menghadirkan Civic Turbo versi hatchback. Model ini memiliki tampilan lebih sporty ketimbang versi sedannya. Tak hanya itu, banderol harganya pun lebih terjangkau dibandingkan versi sedan.

 

 

9. Rush dan Terios generasi terbaru

 

Setelah 10 tahun tak berganti generasi, akhirnya duo LSUV kembar ini mendapat generasi baru. Meski baru diperkenalkan, namun wujud utuhnya dapat disaksikan secara langsung. Desain eksterior berubah total dan ban serep yang menggantung pada bagasi dihilangkan. Rush-Terios generasi terbaru baru akan dijual secara resmi pada awal 2018 mendatang.

 

10. Toyota Fortuner TRD Sportivo

 

Serupa dengan Ertiga Diesel, Toyota juga menambahkan 1 varian pada SUV andalannya, yakni Toyota Fortuner TRD Sportivo. Selain penambahan 'kosmetik' di sisi eksterior yang menjadi menu utama, varian ini merupakan model pertama Fortuner yang mengaplikasikan rem cakram belakang.

 

11. Wuling Cortez

 

Selain Confero, Wuling juga memperkenalkan model Medium MPV nya di penghujung 2017, yakni Wuling Cortez. Mobil yang digadang-gadang bakal menjadi pesain Toyota Innova ini berbekal fitur terlengkap di kelasnya. Namun, Cortez baru akan dipasarkan secara resmi pada pembukaan 2018.

 

12. DFSK Glory 580

 

Tak hanya Wuling, ranah otomotif tanah air turut kedatangan pemain baru dari Tiongkok, yakni DFSK Sokon. Pabrikan Cina yang sudah punya pabrik di Indonesia ini meluncurkan produk pertamanya yang berbentuk SUV, yakni Glory 580 pada November 2017. Mesin 1.500 cc Turbo menjadi senjata utama SUV 7 Seater tersebut. Semoga saja ia bisa memberikan kejutan harga, ya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com