Perbedaan Toyota Prius PHEV dan HEV Generasi Kelima

 Ahmad Biondi    17 November, 2022
Komparasi

Toyota Prius merupakan mobil ramah lingkungan yang sudah diproduksi Toyota sejak 1997. Untuk itu, kini sudah masuk generasi kelima, dan secara resmi diluncurkan di Eropa pada 16 November 2022.

Pada model terbaru ini, Toyota sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform TNGA GA-C yang juga digunakan oleh mobil-mobil listrik Toyota saat ini, diklaim memiliki center gravity yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Lantas ada dua model yang langsung dijual, antara lain versi PHEV 2.0 liter dan HEV 2.0/1.8 liter. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, berikut kami rangkum.

PHEV 2.0 liter (Plug-in Hybrid)

Sistem Plug-in Hybrid 2.0 liter, menjanjikan akselerasi dan ketenangan berkendara yang lebih baik dari model sebelumnya.

Mesin PHEV itu mengombinasikan Dynamic Force Engine yang terkenal punya efisiensi tinggi dengan baterai lithium-ion untuk menghasilkan 164 kW (223 HP) dengan tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. Prius tipe ini bisa melaju 0-100 km/jam dalam waktu 6,7 detik.

HEV 2.0 liter/1.8 liter (Hybrid Electric Vehicle)

Prius tipe HEV 2.0 liter/1.8 liter menggunakan mesin Series Parallel Hybrid terbaru yang menawarkan akselerasi responsif sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar.

Mesin itu memiliki output maksimum 144 kW (193 HP) untuk versi 2.0 liter, yang 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya. Prius versi HEV ini menyasar kalangan yang memerlukan mobil dengan stabilitas tinggi karena sudah dilengkapi sistem E-Four terbaru.

All New Prius memiliki panoramic view moonroof yang dapat dibuka penuh, sedangkan tipe PHEV dilengkapi sistem pengisian tenaga surya generasi kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam laluBeritaInilah Empat Mobil Paling Banyak Diekspor Toyota, Nomor 1 Di Luar Dugaan1 hari laluBeritaDi Tengah Era Peralihan ke EV, Akio Toyoda Mundur dari CEO Toyota2 hari lalu

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan3 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)10 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia12 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam lalu