Perbedaan Toyota Prius PHEV dan HEV Generasi Kelima

 Ahmad Biondi    17 November, 2022
Komparasi

Toyota Prius merupakan mobil ramah lingkungan yang sudah diproduksi Toyota sejak 1997. Untuk itu, kini sudah masuk generasi kelima, dan secara resmi diluncurkan di Eropa pada 16 November 2022.

Pada model terbaru ini, Toyota sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform TNGA GA-C yang juga digunakan oleh mobil-mobil listrik Toyota saat ini, diklaim memiliki center gravity yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Lantas ada dua model yang langsung dijual, antara lain versi PHEV 2.0 liter dan HEV 2.0/1.8 liter. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, berikut kami rangkum.

PHEV 2.0 liter (Plug-in Hybrid)

Sistem Plug-in Hybrid 2.0 liter, menjanjikan akselerasi dan ketenangan berkendara yang lebih baik dari model sebelumnya.

Mesin PHEV itu mengombinasikan Dynamic Force Engine yang terkenal punya efisiensi tinggi dengan baterai lithium-ion untuk menghasilkan 164 kW (223 HP) dengan tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. Prius tipe ini bisa melaju 0-100 km/jam dalam waktu 6,7 detik.

HEV 2.0 liter/1.8 liter (Hybrid Electric Vehicle)

Prius tipe HEV 2.0 liter/1.8 liter menggunakan mesin Series Parallel Hybrid terbaru yang menawarkan akselerasi responsif sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar.

Mesin itu memiliki output maksimum 144 kW (193 HP) untuk versi 2.0 liter, yang 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya. Prius versi HEV ini menyasar kalangan yang memerlukan mobil dengan stabilitas tinggi karena sudah dilengkapi sistem E-Four terbaru.

All New Prius memiliki panoramic view moonroof yang dapat dibuka penuh, sedangkan tipe PHEV dilengkapi sistem pengisian tenaga surya generasi kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaToyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik3 hari laluBeritaCicilan Toyota Yaris Cross Hybrid Tipe Tertinggi Mulai Rp 8 Jutaan, Begini Skema Angsurannya3 hari laluCrash TestVIDEO: Crash Test Toyota All New C-HR (Euro NCAP)4 hari laluBeritaToyota Hilux EV Dipamerkan Sebagai Angkot4 hari lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien3 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China4 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20245 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak6 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri18 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara21 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik1 hari lalu