FIRST DRIVE: Honda BR-V 2021

 Aditya Widiutomo    29 November, 2021
First Drive

All New Honda BR-V sudah diluncurkan sejak beberapa waktu lalu. Kendati demikian, LSUV ini belum masuk ke dalam tahap produksi sehingga belum tersedianya unit tes jalan.

Tetapi, OtoDriver menjadi salah satu media pertama yang mencicipi impresi berjalan dari BR-V generasi terbaru ini. Lantas, bagaimana rasanya?

Kami menjajal Honda BR-V ini di area tertutup, tepatnya di pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang Jawa Barat. Kendati demikian, ada beberapa obstacle yang mampu menguji Honda BR-V generasi terbaru ini.

Saat dijalankan di trek lurus, rasanya perpaduan mesin DOHC baru dengan transmisi CVT anyar mampu menghasilkan putaran bawah yang lebih baik. Kendati demikian, putaran atasnya terasa tidak ada perubahan dibandingkan generasi terdahulu.

Lantas, BR-V juga kini hadir lebih jangkung. Jika sebelumnya Honda BR-V memiliki ground clearance 201 mm, kini menjadi 220 mm. Akan tetapi, ketika membawa BR-V ini zigzag, rasanya gejala bodyroll cukup minim, bahkan mungkin BR-V menjadi LSUV dengan karakter suspensi terbaik di kelasnya.

Begitu pula saat melalui jalan bebatuan, rasanya Honda BR-V  generasi terbaru memiliki peredaman suspensi yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Tidak hanya itu, peredaman kabin juga mendapatkan improvisasi dan bisa dikatakan menjadi mobil Honda Rp 300 jutaan yang memiliki peredaman kabin terbaik saat ini.

Akan tetapi, masih ditemukan beberapa kekurangan, yakni posisi duduk yang terlalu tinggi serta pengaturan lingkar kemudi yang belum dilengkapi dengan sistem teleskopik.

Kesimpulan

Honda BR-V berubah secara signifikan. Selain desain eksterior dan interior ubahannya cukup menyeluruh, namun rasa berkendara mobil ini juga diperbaiki dengan sungguh-sungguh. Karakter suspensi makin baik, figur tenaga mesin yang lebih effortless, serta peredaman kabin yang jauh membaik.

Kelebihan

  1. Karakter suspensi makin baik
  2. Peredaman kabin baik
  3. Torsi mesin lebih berlimpah

Kekurangan

  1. Pengaturan setir belum teleskopik
  2. Posisi berkendara terlalu tinggi

Spesifikasi

Honda BR-V Prestige with Honda Sensing

Harga: Rp 339,9 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder DOHC i-VTEC

Tenaga maksimum: 121 PS

Torsi maksimum: 145 Nm

Penggerak: Roda depan

Adit

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam laluMobil ListrikDemi Saingi Tesla, Honda Bikin Divisi Khusus Tangani Mobil Listrik1 hari laluBeritaHonda Accord Generasi Terbaru Siap Masuk Indonesia?5 hari laluCrash TestVIDEO: Crash Test Honda WR-V (ASEAN NCAP)20 January 2023

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan4 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)10 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia12 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam lalu