Ternyata Bikin Suzuki Jimny Kei Car Lebih Sulit Dari Versi Regular

 Suryo Sudjatmiko    23 February, 2024
Berita

OTODRIVER - Jika dilihat dari sejarahnya, Jimny berasal dari Hopestar ON360. Sosok ini bukanlah bikinan Suzuki, namun merupakan produk dari pabrikan pembuat truk mini bernama Hopestar.

Hopestar pada akhirnya dibeli oleh Suzuki Motor Corporation dan apa yang ada pada Hopestar pun diracik ulang dan dilahirkan kembali sebagai Jimny.

Mengikuti jejak langkah Hopestar, Suzuki Jimny pun pertama lahir sebagai sebuah Kei Car. Pengertian Kei Car itu sendiri adalah kendaraan ringan kecil yang dibuat dengan batasan regulasi tertentu yang diberlakukan di Jepang sejak 1949.

Kendaraan Kei Car ini cukup diminati di negeri Matahari Terbit, tak lain karena pengenaan pajak yang lebih ringan. Pada perkembangannya Kei Car jadi populer di Jepang dan bertahan hingga saat ini.

Kembali ke Jimny, SUV 4x4 mungil ini baru punya opsi versi regularnya pada akhir tahun 70-an dengan hadirnya Jimny LJ80 atau dikenal dilokalan Jepang sebagai SJ20. Melalui mobil inilah Jimny punya mesin lebih besar 4 silinder dan juga berjenis 4 stroke. Sebelumnya hanya menggunakan mesin 2 stroke 3 silinder (selanjutnya akan muncul versi 4 stroke 3 silinder yang lebih ramah lingkungan).

Perbedaan Jimny Kei Car JB64 dan versi regular JB74

Tradisi Kei Car pun masih terus melekat pada Jimny hingga generasi IV yang ada saat ini. Jika di Indonesia kita mengenal JB74, maka pasar Jepang punya opsi Kei Car dengan kode JB64. Model ini hanya didedikasikan untuk pasar domestik Jepang.

Jimny JB64 mengandalkan mesin 4 stroke 3 silinder berkapasitas 660 cc saja dan tersedia pilihan turbo. Bandingkan versi regular dengan mesin 1.500 cc tanpa opsi turbo.

Nah, pada gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2024, bertepatan dengan peluncuran Suzuki Jimny 5-door, OtoDriver berkesempatan bertemu dengan Hisanori Matsushima, Chief of Exterior Designer for Jimny 5-door.

Matsushima mengatakan bahwa Jimny Generasi IV dirancang sejak awal sebagai SUV regular dan Kei Car. "Termasuk di dalamnya rancangan Jimny 5-door," ungkapnya saat ditemui, Selasa (20/02).

Saat OtoDriver menanyakan manakah yang lebih sulit dalam merancang Jimny regular atau Kei Car? Pria ramah tersebut membeberkan bahwa menyiapkan Jimny Kei Car punya tingkat kesulitan lebih tinggi.

"Jimny Kei Car harus dirancang dengan dibatasi oleh perundangan, mulai dimensi, bobot hingga pembatasan jumlah silinder berikut volumenya," sambungnya.

"Tapi dengan segala keterbatasannya, kami dituntut untuk bisa menghadirkan desain yang menarik dan tetap enak dikendarai," sambungnya. "Dari sisi desain kami harus melakukan upaya ekstra karena Kei Car adalah 'kunci' bagi versi regularnya," jelas desainer Ertiga dan APV ini.

Dari beberapa literatur, mobil-mobil Jepang yang hadir dalam versi regular dan Kei Car memang punya keunikan. Biasanya versi Kei Car jadi dasar dari pengembangan bagi versi regularnya. Pada dasarnya, sebuah Jimny kelas regular merupakan Jimny Kei Car yang menggunakan mesin lebih besar, gardan lebih lebar, overfender dan bumper lebih menonjol. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri2 hari laluBeritaSuzuki Jimny 3 Door Terkena Recall Di Indonesia4 hari laluBeritaSuzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap08 April 2024BeritaSuzuki S-Presso Tak Bisa Dibandingkan Dengan Karimun04 April 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion

Berita Terbaru

BeritaLebaran Tahun Depan, Contra Flow Untuk Jalan Tol Akan Dikawal “Safety Car”1 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV13 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce18 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan19 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion21 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 23 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 1 hari laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari lalu