Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Pertamina : Satgas RAFI 2024 Amankan Pasokan BBM

Siaga penuh 24 jam
Berita - Senin, 1 April 2024 14:00 WIB
Penulis : Erie W. Adji


OTODRIVER - Berdasarkan survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 oleh Kementerian Perhubungan, diperkirakan puncak hari mudik berdasarkan pilihan masyarakat adalah H-2 atau Senin, 8 April 2024 (dimulainya cuti bersama) dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang (13,7 persen).

Sementara perkiraan puncak hari balik adalah H+3, yakni Minggu, 14 April 2024 dengan potensi pergerakan 41 juta orang (21,2 persen).

Lima moda transportasi terbanyak yang menjadi pilihan masyarakat perjalan libur Lebaran yaitu; kereta api-20,3 persen (39,3 juta orang), bus-19,4 persen (37,5 juta orang), mobil pribadi-18,3 persen (35,4 juta orang), sepeda motor-16,1 persen (31,1 juta orang), dan mobil sewaan-6,0 persen (11,6 juta orang).

BACA JUGA

Melihat gambaran kondisi tersebut, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, seperti dikutip dari Antara, menyoroti adanya pergeseran kebutuhan konsumsi harian bahan bakar minyak (BBM), yang biasanya tertinggi di Jabodetabek, akan beralih ke Jawa Barat hingga Jawa Timur selama arus mudik.

Selain itu, tingginya pilihan masyarakat untuk mudik menggunakan jalur darat juga menunjukkan pentingnya peran Pertamina dalam menjamin ketersediaan BBM untuk memastikan kelancaran mobilisasi masyarakat.

Oleh karena itu, guna memenuhi kebutuhan energi masyarakat selama masa Lebaran, Pertamina meluncurkan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (RAFI) pada 25 Maret 2024.

Selama masa Satgas RAFI 2024 yang akan berlangsung hingga 21 April 2024, Pertamina membagi lokasi yang menjadi perhatian menjadi empat area, meliputi lokasi wisata, jalur lintas utama, daerah terpencil, serta daerah rawan bencana, dengan total lokasi yang menjadi perhatian utama sebanyak 33 titik.

Terkait dengan daerah rawan bencana ini, kata Fadjar, menjadi perhatian Pertamina karena BMKG memprediksi cuaca ekstrem yang dapat terjadi pada masa Lebaran. Daerah rawan bencana tersebut seperti; Gunung Api Semeru di Lumajang (Jawa Timur), Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata (Nusa Tenggara Timur), Gunung Api Merapi di DIY dan Jawa Tengah,  Gunung Api Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Api Karangetang di Sulawesi Utara, serta wilayah Semarang (Jawa Tengah).

Disiapkan lebih dari 7 ribu SPBU, utamakan transaksi nontunai

Terkait layanan energi, Pertamina menyiagakan lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 61 Kiosk Pertamina Siaga, 54 Motorist, 281 Pertamina Delivery Service, 200 mobil tangki Standby, 30 terminal LPG, 6 Serambi Pertamina, dan lain-lain.
Fadjar mengatakan lagi bahwa layanan motoris merupakan salah satu yang menarik. Sebab, Pertamina memperuntukkan layanan tersebut kepada masyarakat yang kehabisan bensin saat terjebak macet dalam perjalanan mudik. Caranya mudah, yakni dengan menghubungi call center Pertamina 135 dan minta dikirimkan BBM.

Dalam mengantarkan kebutuhan BBM tersebut, kata Fadjar, motoris akan masuk lewat tol dan dikawal oleh polisi. Hal ini memungkinkan karena Pertamina telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Polri.

Pertamina juga membuat himbauan kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran dengan transaksi nontunai di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) ketika melakukan perjalanan mudik untuk mencegah antrean panjang dan menjaga keamanan petugas.

Metode nontunai, dapat menurunkan durasi transaksi tiap konsumen, sehingga antrean untuk membeli BBM tidak akan begitu panjang. Mengacu dari pengalaman 2023, sekitar 95 persen dari transaksi pembelian BBM di SPBU masih menggunakan uang tunai.

Adapun kesiapan Pertamina dalam pembayaran nontunai, yakni aplikasi MyPertamina yang dapat digunakan untuk pembayaran BBM. Pertamina juga menerima pembayaran yang menggunakan kartu debit maupun QRIS. (EW)


Tags Terkait :
Pertamina Spbu Bbm Lebaran Mudik 2024 Callcentre 135 Rafi Cashless Nontunai Indonesia
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Special Report: GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
Pakai Oli Biodiesel di Mesin yang Belum Biosolar, Ini Efeknya

8 tahun yang lalu


Berita
Pertamina Luncurkan Oli Biodiesel, Meditran SX Bio RP 53 Ribu/Liter

8 tahun yang lalu


Berita
Disukai Lamborghini dan Tim VR46, Pertamina Lubricants Siapkan Pelumas Khusus Untuk Performa Tinggi

5 bulan yang lalu


Tips
Pentingnya Memilih Oli Yang Sesuai Dengan Spesifikasi Mesin Mobil Kita, Ketahui 3 Langkah Ini

10 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Ini Klaim Konsumsi BBM Haval Jolion

30 menit yang lalu


Berita
Diburu Konsumen, Berikut Skema Kredit BYD M6 DP Mulai Rp 40 Juta

1 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Pasang Kaca Film Wincos Bisa Di Rumah

1 jam yang lalu


Berita
Melihat Lebih Dekat Konsep Mobil Listrik Pertama Suzuki, EVX Concept

5 jam yang lalu


Berita
Chery Belum Tahu Harga Pasti Penggantian Baterai Mobil Listriknya

5 jam yang lalu