Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

"All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru

Sudah dirakit di Indonesia
Berita - Minggu, 16 Juni 2024 14:15 WIB
Penulis : Erie W. Adji
Hyundai Kona EV diperkirakan rilis perdana di GIIAS 2024 bulan Juli nanti


OTODRIVER -  Hyundai Kona EV terbaru boleh disebut sebagai mobil listrik yang paling ditunggu publik. Karena sejujurnya SUV ini termasuk pelopor mobil listrik di Indonesia karena sudah dijual secara resmi di Indonesia di tahun 2020. 

Tentu saja waktu itu animonya memang belum menggembirakan. Hal yang paling sederhana mengemuka adalah soal isi ulang daya listriknya. Ditambah beragam keraguan soal teknis berkendara, mengoperasikan berbagai fitur yang ada, termasuk tentang durabilitas, dan tentu saja jarak tempuh. 

Namun dalam dua tahun terakhir telah terjadi pergeseran besar bagi pemakai kendaraan listrik di Indonesia. Setidaknya di wilayah seperti Jakarta, dimana pemahaman soal teknologi, desain, pengoperasian, sampai tentang servis berkala sebuah mobil listrik sudah membaik secara signifikan. 

BACA JUGA

“Berbeda dengan segmen mobil hybrid sebenarnya hanya ‘menggeser’ pemakai mobil ICE (mesin konvensional, Red),” ungkapnya. Hal ini lebih jauh dimaksudkan bahwa dengan membeli mobil hibrida maka serupa mengganti mobil yang lama dengan yang baru. 

Berbeda dengan pembelian mobil listrik yang disebutkan Budi umumnya merupakan second car. “Ini merupakan upaya kami untuk bisa create market,” ujarnya saat ditemui di ajang ‘mini motorshow’ Hyundai di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pekan ini (15/6). 

Dilanjutkan pemakai kaca mata itu bahwa pihak HMID berupaya untuk menghadirkan produk baru agar bisa membantu pasar mobil baru di Indonesia bisa pulih. Mengingat total penjualan mobil baru diakuinya memang melemah di perlihan kuartal pertama dan kedua tahun ini.     

“Market tidak sedang baik-baik saja, kurs rupiah melemah, terendah sejak tahun 2021, suku Bungan masih tinggi,” akunya. Dilajutkannya lagi pihak HMID berupaya membantu ‘menciiptakan’ stimulus dengan masuk ke segmen-segmen mobil baru yang belum dimasuki Hyundai sebelumnya.

Panel indikator simpel dengan digitak cluster lengkap 
Ada sunroof sebagai fitur standar
Bagasi termasuk luas untuk SUV sekelasnya

Harga Kona Electric ‘Masih’ Di Rp500 Jutaan

Mengenai harga penawaran SUV listrik terbaru yang versi purwarupanya muncul di ajang IIMS awal tahun ini masih disebutkan Budi berada di kisaran Rp500 jutaan. “Kami masih menghitung angka pastinya,” kilahnya. 

Saat ditanya apakah dengan dirakit di Indonesia, termasuk pemakaian baterai buatan lokal, akan membuat estimasi harga jadi buat Kona tenaga listrik akan bisa lebih turun lagi juga masih belum bisa dipastikan. 

“Komponen harganya masih terus berkembang, tetap yang jelas salah satunya memang karena fluktuasi kurs Rupiah yang membuat kami harus berhati-hati dengan harga Kona Electric,” jabar pria yang pernah barkarier di Toyota dan Nissan itu.

Berdasarkan pengamatan di laman Hyundai Indonesia, preposisi varian Kona tenaga listrik adalah; Signature (Long Range 500 Km), Signature (Standard Range 400 Km), Prime (Long Range 600 Km), dan Prime (Standard Range 400 Km).

Dipungkaskannya, sejak tampil perdana dalam bentuk mobil konsep di ajang IIMS yang lalu sudah ada pemesanan unit sebanyak 300 unit atas Kona Electric. (EW)

Tanda ‘sah’ Hyundai Kona EV adalah produksi Indonesia
Ukuran ban Hyundai Kona EV adalah 235/45 R18

Tags Terkait :
Hyundai Kona Ev Allnew Hmid
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
"All New" Hyundai Kona Electric: Menciptakan Pasar Baru

3 bulan yang lalu


Berita
Begini Strategi Hyundai Bersaing di Pasar Mobil Listrik, 'Jaga Inden Tidak Terlalu Lama'

1 bulan yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

2 bulan yang lalu


Berita
All New Hyundai Kona Electric, Ditawarkan Di Harga Rp 499 Jutaan atau Rp 599 Jutaan?

3 bulan yang lalu


Berita
Hyundai All New Kona EV Tembus Rp 500 Juta?

3 bulan yang lalu


Berita
Hyundai Kona Electric Generasi Terbaru Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 500 Jutaan

3 bulan yang lalu


Berita
Harga All New Hyundai Kona Electric, Masuk Di Antara Atto 3 Dan Omoda E5

4 bulan yang lalu


Berita
Hyundai All New Kona EV Dibanderol Di Rp 500 jutaan

4 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Inilah SUV Listrik Penantang Terkuat Tesla Model Y, Simak Spesifikasi dan Harganya

13 jam yang lalu


Berita
GIIAS Bandung Jadi Wadah Edukasi Para Pelajar Kota Kembang

17 jam yang lalu


Tips
Musim Hujan Tiba, Cek Kondisi Komponen Senjata Utama Penghalau Hujan Ini

19 jam yang lalu


VIDEO: Crash Test Toyota Camry Generasi Terbaru (ANCAP)

Crash Test | 20 jam yang lalu


Berita
Bye-Bye, Toyota Tak lagi Gunakan Label Prime Pada Produk PHEV-nya

21 jam yang lalu