Perhatikan, Enam Jalan Wilayah Wisata Utama Akan Ditutup Saat Malam Tahun Baru

 Erie W. Adji    29 December, 2023
Berita

OTODRIVER - Hasil pemantauan Polres Bogor di tanggal 26 Desember didapati data bahwa sekitar 40 ribu kendaraan naik dan turun di kawasan Puncak saat perayaan Natal pekan ini. Untuk itu telah dilakukan sejunlah rekayasa agar salah satu kawasan wisata utama di Jabodetabek itu terhindar dari kemacetan yang parah.

Hal serupa juga akan dilakukan saat perayaan malam tahun baru 2024. Akan diberlakukan sesi tanpa ada kendaraan bermotor yang diperbolehkan melewati jalur utama kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, pada tanggal 31 Desember 2023.

Rencana itu disampaikan oleh Kaplres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro di Bogor pekan ini (26/12), seperti dilansir oleh Antara. Ia juga menjelaskan bahwa rencana rekayasa lalu linta situ dimulai pada pukul 18.00 di tanggal 31 Desember 2023, dan berakhir pada pukul 01.00 pada tanggal 1 Januari 2024.

Untuk mengantisipasi hal tersebut dihimbau kepada pengguna jalan dan warga yang ingin berwisata di wilayah Puncak agar masuk lebih awal.

Sembari itu juga diinformasikan bahwa untuk menuju ke Cianjur ataupun Bandung melalui wilayah daerah Puncak sebenarnya ada dua jalur alternatif yang patut dimanfaatkan. Pertama ada rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalong-Cianjur, dan yang kedua yaitu lewat rute Ciawi-Curug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur.

Sementara itu, untuk wilayah DKI Jakarta juga akan ada penutupan yaitu di jalan Sudirman, MH Thamrin, serta kawasan Monas akan ditutup karena ada gelaran Jakarnaval 2024 mulai pukul 18.20 hingga 01.20 WIB. Ditambah lagi ada sejumlah panggung hiburan di sepanjang jalan tersebut.

Area Yogyakarta juga bakal dilakukan penutupan jalan, mulai dari ruas Malioboro sampai ruas Titik Nol. Mulai pukul 18.00-01-00 WIB. Kawasan Tugu juga akan dilarang kendaraan bermotor untuk melintas sejak pukul 22.00 hingga malam pergantian tahun.

Agar tidak ada penumpukan massa, disediakan tiga titik utama untuk hiburan bagi masyarakat umum yaitu; seluruh area jalan Mailoboro, tepatnya d depan Teras Mailoboro 2, Atrium Plaza Mailoboro, dan depan pasar Beringharjo.

Untuk kota Solo, penutupan jalan di ruas Slamet Riyadi, mulai kawasan Purwosari hingga jalan Jenderal Sudirman, termasuk depan Balai Kota Solo, mulai pukul 21.00-01.00 di mana kendaraan bermotor dilarang melintasi. Karena ada sejumlah titik yang jadi lokasi hiburan bagi masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun.  

Di Bandung, berdasarkan keterangan dari Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, akan dilakukan penutupan seluruh ruas jembatan Pasopati. Hal itu guna mencegah ada orang yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pelemparan dari atas jembatan seperti diungkapkannya di Gedung Sate. Bandung, pekan ini (27/12).

Untuk wilayah pulau Bali yang akan dilakukan juga penutupan jalan adalah sepanjang kawasan Pantai Kuta di Kabupaten Badung. Lebih khusus jalan Patih Jelantik dan jalan Legian tidak dibuka untuk kendaraan bermotor menjelang perayaan malam tahun baru hingga selesai.

Perlu diketahui juga, selama perayaan pergantian tahun terdapat 93 lokasi utama perayaan di seantero Bali. Sebab dideteksi sudah masuk tak kurang dari 14 ribuan wisawatan telah masuk Bali sepekan ini. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaKementerian ESDM: Transaksi Di SPKLU Naik Lima Kali Lipat 13 April 2024BeritaKorlantas Polri: Menunda “One Way” Hari Ini13 April 2024BeritaCatat: Tanggal Pemberlakuan Ganjil-Genap Dan Diskon Tarif Tol Saat Arus Balik13 April 2024TipsPelajaran Dari Kecelakaan Km 58 Dan Km 370: Pengemudi Tidak Boleh Kelelahan 12 April 2024

Trending

Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaBYD Resmikan Dealer Terbesar Mereka di Bekasi, Ini Lokasinya4 jam laluMobil ListrikTesla Model 3 Varian Performance Resmi Dirilis, 0-100 Tidak Sampai 3 Detik6 jam laluBeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak10 jam laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival14 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUBARU Terbaru (April 2024)15 jam laluBeritaFortuner Pelat Dinas TNI Palsu Arogan Menabrak Mobil Lain, Ketahui Lagi Fungsi Semestinya Towing Bar17 jam laluBeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-61 hari laluMobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik1 hari lalu