Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Ternyata Kendaran Listrik Bisa Selamatkan Indonesia dari Krisis

Ekosistem kendaraan berbasis listrik (electric vehicle) akan menolong Indonesia dari permasalah krisis dunia.
Berita - Sabtu, 12 November 2022 13:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Saat ini dunia tengah menghadapi gelombang krisis. Tidak terkecuali di industri otomotif, dimana berbagai merek otomotif gencar meluncurkan produk kendaraan listrik dengan berbagai keunggulan untuk tetap menjalankan pasar ini.

Anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam mengatakan jika ekosistem kendaraan berbasis listrik (electric vehicle) akan menolong Indonesia dari permasalah krisis dunia.

"Karena ke depan, harapan kita ekosistem terbentuk, karena negara kita punya tambang nikel, yang diharapkan dapat menyelesaikan krisis energi di dunia. Dan Indonesia Insya Allah tidak akan masuk ke krisis dengan pertumbuhan ekonomi yang ditopang oleh otomotif," ujar Ridwan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI, Rabu (9/11).

BACA JUGA

Ridwan juga menambahkan, saat ini yang menjadi masalah adalah infrastruktur, karena pertumbuhan otomotif begitu tinggi, baik itu roda empat maupun roda dua.

“Tapi bagaimanapun, kita harus mendorong supaya Indonesia agar tidak terperosok kepada krisis. Untuk itu kita Kemenperin lebih aktif. Industri ini dirangkul, jangan dijadikan pasien, artinya waktu sakit baru datang. Kalau dirangkul, dalam kondisi apapun harus bersama-sama. Kami siap bersama-sama dengan Pak Dirjen,” tegas Ridwan.

Perlu diketahui, Indonesia dapat memproduksi baterai untuk kendaraan listrik pada kuartal IV 2024 mendatang. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyatakan, Indonesia bisa menjadi produsen baterai kendaraan listrik. Hal ini mengacu ketersediaan berlimpah nikel, material inti pembuatan baterai, yang merupakan salah satu komponen termahal di kendaraan listrik.

Hal ini didukung oleh pasar kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di China mengalami ekspansi yang luar biasa pada Oktober. Output NEV di negara tersebut mencapai 762.000 unit pada bulan lalu, melonjak 87,6 persen (yoy), sementara penjualan NEV naik 81,7 persen dari tahun lalu menjadi 714.000 unit.


Tags Terkait :
Mobil Listrik Industri Krisis
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

15 jam yang lalu


Berita
Chery Omoda E5 Ramaikan Segmen EV Di Bawah Rp 500 Jutaan

4 bulan yang lalu


Berita
Kilas Balik 2023, Cara Pemerintah Rayu Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik

6 bulan yang lalu


Berita
Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

6 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

22 menit yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

2 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

15 jam yang lalu


Berita
Skema Kredit Innova Hybrid Tipe Tertinggi Menggiurkan, Cicilannya Mulai Rp 15 Jutaan

19 jam yang lalu


Berita
Perdana, Isuzu Bawa Elf Listrik di GIIAS 2024

20 jam yang lalu