Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Michelin Perkenalkan Pilot Sport EV2 Dalam Formula E

Michelin memperkenalkan ban baru yang bakal diandalkan para pembalap dalam ajang Formula E. Simak keunggulannya
Berita - Minggu, 20 Februari 2022 11:00 WIB
Penulis : Ahmad Biondi


Seri pembuka Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E 2022 telah dimulai pada akhir Januari lalu di Ad Diriyah (Saudi Arabia), disusul seri kedua yang berlangsung akhir pekan lalu di Mexico City (Meksiko).

Salah satu pabrikan ban Michelin, menyatakan format kualifikasi baru yang diadopsi pada kejuaraan balap elektrik dunia musim ke delapan tahun ini membuat pemilihan ban menjadi semakin vital dan penting dalam strategi memenangkan balapan.

BACA JUGA

“Baik dalam tahapan Grup maupun Duel masing-masing tim diperbolehkan mengganti ban sesuai kebutuhan pembalap. Namun alokasi yang diberikan hanya dua pasang ban untuk digunakan sepanjang hari balapan, mulai dari sesi latihan, kualifikasi, hingga pertandingan. Sehingga mereka harus menggunakan ban yang sama berulang-ulang,” ujar Mirko.

Dengan demikian, pembalap akan sangat bergantung pada ban yang bisa optimal di segala cuaca serta memiliki daya tahan mumpuni. Michelin merupakan pemasok ban tunggal untuk kejuaraan Formula E sejak 2014 hingga 2022. Ban yang digunakan pada musim pertama dan kedua di 2014 dan 2015 adalah Michelin Pilot Sport EV. Mulai kejuaraan musim ketiga pada 2016, Michelin memperkenalkan seri Pilot Sport EV2 yang jauh lebih efisien ketimbang pendahulunya.

Ban ini merupakan yang pertama dengan ukuran 18 inci yang digunakan dalam kejuaraan dunia dengan kendaraan single-seater. Bahkan kejuaraan lainnya termasuk Formula 1 masih menggunakan ban 13 inci dan baru beralih ke 18 inci mulai tahun ini. Secara rancang bangun Pilot Sport EV sangat mirip dengan ban yang digunakan di jalan raya pada umumnya dengan pola tapak dan ukuran yang sering dijumpai pada kendaraan touring. Namun, Pilot Sport EV untuk kejuaraan Formula E dilengkapi teknologi yang memungkinkan ban digunakan sepanjang kejuaraan dari awal hingga akhir, mulai dari sesi latihan, kualifikasi, hingga balap pertandingan.

“Pembalap Formula E akan terbantu dengan Pilot Sport EV karena serbaguna dan tahan lama. Namun yang terpenting, pembalap bisa memilih pengaturan yang berbeda dan menerapkan tekanan ban yang juga berbeda,” kata Mirko. Ia menambahkan generasi kedua Pilot Sport EV mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) hingga 16 persen, yang berarti ban bisa menjangkau satu lap lebih lama dalam setiap putaran kejuaraan.

OtoDriver


Tags Terkait :
Formula E Michelin
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Akan Ada Rekayasa Lalu Lintas saat Gelaran Formula E

1 tahun yang lalu


Berita
Jalanan Sekitar Monas Layak Jadi Sirkuit Formula E?

4 tahun yang lalu


Berita
Sebagai Ikon Muscle Car, Ford Mustang Generasi Berikutnya Tidak Akan Hadir Sebagai EV

1 bulan yang lalu


Berita
Honda Kenalkan Sub-Brand Khusus EV Di Cina, Langsung Pamer 3 Mobil Konsep Baru

2 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

1 jam yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

2 jam yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

4 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

6 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

19 jam yang lalu