Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Toyota Mulai Rasakan Tren Penjualan Online

Toyota mencatatkan penjualan 14 unit mobil sepanjang April 2020, tanpa konsumen bertemu dengan penjual maupun dengan mobil secara langsung.
Berita - Minggu, 17 Mei 2020 08:00 WIB
Penulis : Alfons


Pandemi virus Corona alias Covid-19 mendorong kebiasaan baru orang-orang untuk lebih banyak melakukan transaksi berbasiskan daring. Hal ini juga terjadi di indsutri otomotif. PT Toyota Astra Motor (TAM), menjadi salah satu yang merasakan pergeseran tren ini.

"Melihat situasi dari satu samapai dua bulan ini, saya rasa (interaksi) digital tidak bisa lepas dari dunia otomotif apalagi soal penjualan dan bahkan servis," terang Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, Jumat (15/5) dalam telekonfrens bersama rekan media.

(Baca juga: Diterjang Pandemi, Penjualan Online Honda Meningkat)

BACA JUGA

Dia menambahkan kalau interaksi di dunia digital ini juga mulai melebar ke semua lapisan konsumen dan beragam aktivitas. Jika sebelumnya kebanyakan anak muda, kini konsumen dengan demografi di atasnya pun mulai banyak yang memanfaatkan kanal digital untuk mencari informasi, berkomunikasi, bahkan melakukan transaksi.

Peralihan transaksi ke kanal digital ini secara nyata mulai dirasakan TAM. Anton mengambil contoh bulan April 2020 --saat aktivitas mulai dibatasi PSBB di beberapa wilayah, pembelian mobil tanpa tatap muka antara konsumen dan penjual terjadi di salah satu dealer mereka.

(Baca juga:Beli Mobil BMW Online, Bisa 'Unboxing' di Rumah)

"Kemarin saya cek Auto2000 itu ada 14 orang beli mobil tidak ketemu muka bahkan tidak ketemu mobil, mulai dari masuk ke website sampai bayar DP. Saat delivery baru ketemu," ceritanya. "Angkanya mungkin kelihatan kecil. Tapi bagi saya ini luar biasa sekali. Dulu, sebelum covid gak kebayang orang beli mobil secara online," tambahnya lagi. Dia menambahkan kalau bukan tidak mungkin tren macam ini akan terus meningkat ke depannya. Bahkan bukan tidak mungkin bisa menyumbangkan 40-50 persen penjualan pabrikan tiga oval di tanah air.

Di sisi lain Anton menjelaskan kalau kebanyakan produk yang dibeli dengan proses online adalah model-model andalan yang sudah diketahui dengan baik kualitasnya seperti Avanza dan Innova. Sementara untuk produk-produk baru, menurut dia sangat wajar jika konsumen masih perlu melihat fisik kendaraannya dan mungkin perlu test drive terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut. 


Tags Terkait :
Toyota Penjualan Covid-19
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Perang Harga Bikin Toyota Kedodoran di China

6 hari yang lalu


Berita
Masih Terlibat Skandal Tes Keselamatan, Kali Ini Toyota Hentikan Peredaran 3 Model Baru Termasuk Yaris Cross

4 minggu yang lalu


Berita
Strategi Jitu Toyota Enggan Buru-Buru Main EV dan Fokus Jualan Hybrid, Lihat Data Penjualan Mereka

1 bulan yang lalu


Berita
Yaris Cross Bensin Sepertinya Akan Tamat, Ini Tanggapan Dari Pihak Toyota

4 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Tak Hanya Kalista, Geely Radar RD6 Bakal Hadir Juga Di Thailand Dengan Label Riddara

4 jam yang lalu


Berita
GWM Tank 300 Semakin Dekat Dengan Indonesia

5 jam yang lalu


Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

7 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

7 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

11 jam yang lalu