Suzuki Tergiur Gabung Aliansi Toyota-Mazda-Denso. Apa yang Diincar?

Suzuki Tergiur Gabung Aliansi Toyota-Mazda-Denso. Apa yang Diincar?

Suzuki nampaknya berniat untuk gabung dengan kerjasama antara Toyota, Mazda dan Denso yang Kamis kemarin (28/9) menyatu. Hubungan joint-venture bernama EV Common Architecture Spirit tersebut menurut Suzuki sangat strategis dan menggiurkan.

Perusahaan dengan komposisi kepemilikan Toyota sebesar 90%, Mazda dan Denso masing-masing sebesar 5% ini menarik hati Suzuki untuk ikut bergabung dalam rencana pengembangan mobil listrik masa depan.

 

Dikutip dari AutoIndustriya (3/10), menurut laporan Kodo News, Suzuki Jepang disebut-sebut tengah mempertimbangkan kemungkinan bergabung dengan megaproyek industri mobil listrik tersebut. Hal ini dikarenakan Suzuki bernafsu mengejar ketertinggalannya dalam lini produk-produk masa depan yang telah dimulai jauh hari oleh pabrikan lain.

Pada Februari lalu, pabrikan dengan market share terbesar di India ini juga telah sepakat untuk membicarakan kerjasama dengan Toyota pada area tertentu seperti lingkungan, keselamatan dan teknologi informasi. Diperkirakan Suzuki juga akan memiliki 5% saham dari EV Common Architecture Spirit seperti halnya Denso dan Mazda.

Suzuki berharap dapat mempercepat pengembangan produksi mobil elektrik dengan kolaborasi ini.

Penulis: Avicena Pratikto

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com